Kisah Nabi Shaleh dan Kaum Tsamud dalam Alquran: Analisa qashash Alquran pada penafsiran Ahmad Musthafa al-Maraghi dan Mahmud Hijazi

Akbar, Irfan Rifani (2018) Kisah Nabi Shaleh dan Kaum Tsamud dalam Alquran: Analisa qashash Alquran pada penafsiran Ahmad Musthafa al-Maraghi dan Mahmud Hijazi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (182kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (227kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (81kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB) | Request a copy

Abstract

Alquran banyak mengandung keterangan tentang kejadian pada masa lalu, sejarah bangsa-bangsa, keadaan negeri-negeri dan peninggalan atau jejak setiap umat, ia menceritakan semua keadaan mereka dengan cara yang menarik dalam ulumul Quran hal itu disebut dengan Qashash Alquran. Salah satu kisah Nabi dari umat terdahulu yang diceritakan dalam Alquran adalah kisah Nabi Shaleh dan kaum Tsamud, dikarenakan dizaman ini ada orang yang mengkufuri nikmat allah, serta kembali lagi menyembah sesembahan nenek moyang mereka sebagaimana yang terjadi pada kaum Tsamud. Validitas Riwayat Tafsir al-Maraghi dan Hijazi perlu ditinjau dengan baik dan benar, supaya pembahasan seputar kisah bisa terangkat secara komprehensif. Al-Maraghi dan Hijazi adalah dua ulama Tafsir modern yang telah melakukan penafsiran dengan menggunakan analisa Qashash Alquran, penafsiran menjadi khas dan unik. Oleh karena itu penelitian ini bertolak dari pertanyaan penelitian al-Maraghi dan Hijazi : Bagaimana analisa Qashash Alquran terhadap Penafsiran kisah Nabi Shaleh dan kaum Tsamud dalam Alquran. Tujuan dari Penelitian ini adalah Mengungkap seruan Nabi Shaleh kepada umatnya, Mengambil ibrah atas azab yang menimpa kaum Tsamud, Memperdalam pemahaman, dan informasi yang utuh seputar kisah Nabi Shaleh dan kaum Tsamud dalam Alquran. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitis, deskriptif maksudnya digunakan saat penulis menjelaskan penafsiran al-Maraghi dan Hijazi tentang kisah Nabi Shaleh dan kaum Tsamud dalam tafsirnya. Analitis digunakan saat penulis mengkerangkai apakah penyusun tokoh diatas sudah menggambarkan analisis Qashash Alquran. sumber primer penelitian ini kitab tafsir al-Maraghi dan al-Wadhih dan sumber sekunder penelitian ini buku-buku, jurnal, skripsi, tesis, dan disertasi yang terkait dengan penelitian ini. jenis penelitian yang digunakan yaitu kualitatif. Hasil penelitian ini, validitas riwayat Ahmad Musthafa al-Maraghi dalam tasfir al-Maraghi banyak menggunakan riwayat dalam menafsirkan ayat-ayat seputar kisah Nabi Shaleh dan Kaum Tsamud walaupun riwayatnya israiliyat namun didukung oleh riwayat-riwayat lain, dari segi keshahihannya tidak bertentangan dengan Alquran. Hijazi dalam tafsirnya al-Wadhih Menggunakan riwayat dari kisah israiliyat namun didukung oleh riwayat-riwayat yang lain dipadukan dengan rasio hijazi, maka pemabahasan kisah Nabi Shaleh dan Kaum tsamud bisa secara Komprehensif terbahas dengan riwayat yang bisa dipertanggung jawabkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Al-Maraghi; Hijazi; Qashash Alquran; Nabi Shaleh dan Kaum Tsamud;
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Tafsir Al-Qur'an
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Sejarah Al-Qur'an
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: irfan akbar
Date Deposited: 30 Jan 2019 06:45
Last Modified: 30 Jan 2019 06:45
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/18454

Actions (login required)

View Item View Item