Analisis keterampilan berpikir kritis siswa pada konsep kesetimbangan kelarutan menggunakan three-tier multiple-choice: Penelitian deskriptif di kelas XI IPA MA Al-Muthohhar-Purwakarta

Wulansari, Wiwin (2014) Analisis keterampilan berpikir kritis siswa pada konsep kesetimbangan kelarutan menggunakan three-tier multiple-choice: Penelitian deskriptif di kelas XI IPA MA Al-Muthohhar-Purwakarta. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_babI.pdf

Download (223kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_babII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (371kB)
[img] Text (BAB III)
6_babIII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB)
[img] Text (BAB IV)
7_babIV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB)
[img] Text (BAB V)
8_babV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB)

Abstract

Keterampilan berpikir yang harus dikuasai siswa pada era globalisasi ini adalah keterampilan berpikir kritis. Keterampilan berpikir kritis sangat mungkin dimunculkan pada pembelajaran kimia, salah satunya pada konsep kesetimbangan kelarutan yang memerlukan pemahaman konseptual sekaligus pemahaman algoritmik. Oleh karena itu, diperlukan instrumen yang dapat menganalisis keterampilan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan menganalisis keterampilan berpikir kritis siswa pada konsep kesetimbangan kelarutan dengan menggunakan three-tier multiple-choice dan mendeskripsikan faktor-faktor yang berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada konsep kesetimbangan kelarutan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA MA Al-Muthohhar Purwakarta yang berjumlah 30 orang yang dibagi menjadi tiga kelompok prestasi belajar yaitu kelompok tinggi, sedang dan rendah. Istrumen penelitian ini berjumlah 14 soal yang disusun berdasarkan tiga indikator keterampilan berpikir kritis yaitu penjelasan, inferensi dan interpretasi. Pengolahan data dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif kuantitatif. Keterampilan berpikir kritis siswa termasuk dalam kategori cukup. Hasil analisis menunjukan tiga indikator keterampilan berpikir kritis dengan persentase yang bervariasi. Indikator penjelasan lebih dikuasai siswa kelompok rendah (33%). Indikator inferensi lebih dikuasai siswa kelompok tinggi (34%). Indikator interpretasi lebih dikuasai siswa kelompok rendah dan sedang (25%). Berdasarkan hasil wawancara diketahui bahwa keterampilan berpikir kritis siswa dipengaruhi oleh faktor internal siswa dan faktor eksternal seperti guru dan proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Three-Tier Multiple-Choice; Keterampilan Berpikir Kritis; Kesetimbangan Kelarutan;
Subjects: Chemistry and Allied Science > Data Processing and Analysis of Chemistry
Chemistry and Allied Science > Research and Statistical Methods of Chemistry
Analytical Chemistry > Qualitative Analysis, Quantitavie Analysis of Chemistry
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Rasyida Rofiatun Nisa
Date Deposited: 29 Jan 2019 02:48
Last Modified: 29 Jan 2019 02:48
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/18398

Actions (login required)

View Item View Item