Penerapan model pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi perubahan wujud dan perpindahan kalor

Nurazijah, Siti (2015) Penerapan model pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi perubahan wujud dan perpindahan kalor. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (762kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (619kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara, menunjukkan bahwa tingkat kemampuan pemecahan masalah siswa di SMAN 27 Bandung masih perlu dikembangkan karena penilaian keterampilan berpikir tingkat tinggi jarang dilakukan khususnya untuk kemampuan pemecahan masalah. Proses pembelajaran masih berpusat pada guru sehingga siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Hal ini menyebabkan kemampuan pemecahan masalah siswa pada mata pelajaran fisika masih rendah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran TAPPS dan peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa setelah diterapkan model pembelajaran TAPPS pada materi perubahan wujud dan perpindahan kalor. Penelitian dilaksanakan di kelas X SMAN 27 Bandung. Metode penelitiannya adalah pre eksperimen dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Populasi seluruh siswa kelas X berjumlah empat kelas dengan teknik pengambilan sampel yaitu simple random sampling dimana sempel yang diambil adalah kelas X MIA4 sebanyak 30 siswa. Data keterlaksanaan pembelajaran guru dan siswa diperoleh melalui lembar observasi selama tiga kali pertemuan dengan rata-rata persentase aktivitas guru 97,85% berkategori baik dan persentase aktivitas siswa 83,62% berkategori baik, data peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa diperoleh melalui instrumen berbentuk uraian dan terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi perubahan wujud dan perpindahan kalor setelah diterapkannya model pembelajaran TAPPS dengan peningkatan sebesar 0,60 secara keseluruhan termasuk kategori sedang. Dengan demikian model pembelajaran TAPPS dapat dijadikan salah satu solusi yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: TAPPS; kemampuan pemecahan masalah; perubahan wujud dan perpindahan kalor;
Subjects: Modern Physics > Structure of Matter
Modern Physics > Molecular Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Rasyida Rofiatun Nisa
Date Deposited: 28 Jan 2019 07:32
Last Modified: 28 Jan 2019 07:32
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/18366

Actions (login required)

View Item View Item