Penerapan Model Context Based Learning (CBL) untuk Mengembangkan Keterampilan Generik Sains pada Materi Koloid (Penelitian Kelas terhadap Siswa Kelas XI Semester Genap SMAN 1 Tukdana Kabupaten Indramayu)

Gina Wiana, Gina (1210208038) (2014) Penerapan Model Context Based Learning (CBL) untuk Mengembangkan Keterampilan Generik Sains pada Materi Koloid (Penelitian Kelas terhadap Siswa Kelas XI Semester Genap SMAN 1 Tukdana Kabupaten Indramayu). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (199kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (346kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (810kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (20kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB)

Abstract

Penulis menemukan sebagian besar siswa di kelas XI SMAN 1 Tukdana, lebih menggunakan teknik menghapal dalam mempelajari konsep sehingga hasil belajar kurang memuaskan. Model pembelajaran Context Based Learning (CBL) dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif model pembelajaran yang tepat untuk mengatasi kesulitan siswa serta dapat mengembangkan keterampilan generik yang dimiliki siswa. Model CBL meliputi empat tahapan pembelajaran yaitu tahap questions, tahap answers, tahap selecting information, dan tahap aplication. Secara umum tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan aktivitas siswa, mendapatkan gambaran mengenai kemampuan generik sains siswa dalam setiap tahapan model CBL, dan mendapatkan gambaran mengenai keterampilan generik sains setelah penerapan model pembelajaran CBL pada materi koloid. Penelitian ini dilakukan pada 29 siswa kelas XI IPA 1. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kelas. Instrumen yang digunakan yaitu deskripsi pembelajaran, LKS, lembar observasi, soal indikator keterampilan generik sains. Data hasil penelitian diolah menggunakan statistik deskriptif. Aktivitas siswa dalam pembelajaran CBL berlangsung dengan baik, namun masih terdapat kekurangan pada tahap answers dan aplication. Kemampuan keterampilan generik sains siswa pada setiap model pembelajaran CTL pada materi koloid menunjukkan ketercapaian rata-rata sebesar 68% dan hasil analisis keterampilan generik sains menunjukkan kriteria sangat baik yaitu sebesar 86,8.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Context Based Learning (CBL), Keterampilan generik sains, Koloid
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Chemistry and Allied Science > Research and Statistical Methods of Chemistry
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 11 not found.
Date Deposited: 08 Jun 2016 03:50
Last Modified: 09 Jun 2016 02:42
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/1836

Actions (login required)

View Item View Item