Gambaran dukungan sosial orang tua pada prestasi akademik anak remaja

Maryamah, Maryamah (2016) Gambaran dukungan sosial orang tua pada prestasi akademik anak remaja. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER JILID.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (582kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (932kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (350kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (996kB)
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (377kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB)

Abstract

Penelitian ini diawali dari pengamatan peneliti terhadap fenomena dukungan sosial orang tua yang diberikan kepada anak. Fenomena dukungan sosial orang tua yang dimaksud adalah dukungan yang diberikan oleh orang tua subjek terhadap anak remaja yang sedang duduk di bangku SMA sangat membantu anak dalam pencapaian prestasi yang baik. Umumnya dukungan sosial yang diberikan oleh orang tua pada saat ini kurang memberi dampak baik pada anaknya karena kebanyakan orang tua hanya memberikan dukungan materil sedangkan anak tidak hanya membutuhkan dukungan materil saja. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran dukungan sosial orang tua pada prestasi akademik anak remaja. Menurut Culton & Garden, 2004; Uchino, 2004 (dalam Sarafino, 2011: hal 81), berpendapat bahwa dukungan sosial adalah proses pemberian rasa nyaman, kepedulian, penghargaan, atau pertolongan kepada seseorang yang dilakukan oleh orang lain atau kelompok tertentu. Menurut Sarafino (dalam Fani & Latifah. 2012) dukungan sosial terdiri dari empat jenis yaitu, dukungan emosional, dukungan penghargaan, dukungan instrumental, dan dukungan informasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi fenomenologi yang terdiri dari 3 siswa SMA. Metode pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan wawancara. Teknik analisis yang digunakan adalah reduksi data, data display (penyajian data), conclusion drawing verification (kesimpulan). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa subjek memiliki atau mendapatkan dukungan sosial dari orang tua terlihat dari aspek dukungan emosional yaitu orang tua memberikan rasa empati, perhatian, sehingga dengan hal tersebut subjek merasa disayangi dan dicintai oleh orang tua. Pada aspek dukungan penghargaan, yaitu orang tua memberikan penghargaan atas ide atau pendapat subjek. Selain itu penghargaan lain yang diberikan orang tua seperti hadiah-hadiah apabila subjek mendapatkan prestasi. Pada aspek dukungan instrumental, yaitu dimana orang tua memberikan fasilitas-fasilitas untuk mempermudah dan membantu subjek dalam menempuh pendidikan. Sedangkan pada aspek dukungan informasi, yaitu orang tua ikut berkontribusi terhadap keputusan dan perencanaan yang telah dibuat guna mendapatkan titik tengah jika terjadi perbedaan terkait dengan keputusan dan perencanaan yang dibuat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Dukungan Sosial; Prestasi Akademik; Remaja;
Subjects: Differential and Developmental Psychology > Child Psychology
Differential and Developmental Psychology > Psychology of Young People Twelve to Twenty
Education > Psychology of Education
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 25 Jan 2019 07:22
Last Modified: 25 Jan 2019 07:22
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/18312

Actions (login required)

View Item View Item