Pengaruh aktivitas belajar PAI bab shalat terhadap motivasi siswa melaksanakan shalat dhuha

Anwar, Saepul (2018) Pengaruh aktivitas belajar PAI bab shalat terhadap motivasi siswa melaksanakan shalat dhuha. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
1_Abstrak[1].pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR_ISI_REVISI_TERAKHIR[1].pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB_I_revisi_4_duha_rtf[1].pdf

Download (175kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB_II_versi_7_duha_rtf[1].pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
revisi_BAB_III_verai_3[1].pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB_IV_versi_1[1].pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB_V_duha[1].pdf
Restricted to Registered users only

Download (49kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (281kB) | Request a copy

Abstract

Shalat merupakan ibadah wajib yang harus dilakukan oleh setiap muslim. Dengan melakukan shalat, hati akan terasa tentram dan damai karena kita akan merasa dekat dengan Allah SWT. Ketika kita merasa dekat denganNya, kita akan dimudahkan segala sesuatu yang kita niatkan positif, oleh karena itu shalat adalah perwujudan komunikasi kita dengan Allah. Selain sebagai penghubung antara manusia dengan Allah, shalat juga dijadikan sebagai media untuk membentuk akhlak yang positif yang sangat perju diajarkan kepada anak-anak, salah satunya memiliki motivasi untuk melaksanakan shalat. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh Pengaruh Aktivitas Belajar PAI Bab Shalat Di Sekolah Terhadap Motivasi Siswa Melaksanakn Shalat Duha sebelum menerapkan pendekatan kuantitatif, gambaran proses penggunaan pendekatan kuantitatif dan hasil sesudah di gunakan pendekatan. Penelitian ini didasarkan atas asumsi bahwa penggunaan pendekatan kuantitatif dapat meningkatkan Pengaruh Aktivitas Belajar PAI terhadap Motivasi melakasanakan shalat dhuha. Hipotesis yang diajukan adalah pembelajaran dengan menggunakan pendekatan kuantitatif pada mata pelajaran PAI materi tentang BAB Shalat di kelas VII-A SMPN 3 Cibeber Lebak Banten dapat memberikan pengaruh aktivitas belajar PAI siswa terhadap motivasi melaksanakan shalat dhuha. Metode penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: oberservasi, angket, interview, dan dokumentasi. Sedangkan untuk pengolahan data uji validitas menggunakan rumus korelasi product moment, uji realibilitas menggunakan rumus alpha cronbach, dan korelasi menggunakan tekhnik analisa data product moment. Subjek penelitiannya yaitu peserta didik kelas VII-A SMPN 3 Cibeber Lebak Banten yang berjumlah 33 peserta didik, terdiri dari 15 orang peserta didik laki-laki dan 18 peserta didik perempuan. Dari penelitian tersebut dapat diketahui bahwa aktivitas belajar PAI Bab shalat di sekolah SMPN 3 cibeber taraf kualifikasi tinggi angka 3,54 berada pada rentrang 3,50-4,50. Motivasi siswa melaksanakan shalat dhuha taraf kualifikasi tinggi angkat 3,76 berada pada rentang 3,50-4,50. Pengaruh variabel X terhadap variabel Y sebesar 28,09% dengan tingkat korelasi sedang atau cukup 0,53 dan hipotesisnya diterima (thitung 3,92>ttabel 2,20). Sebesar 77,91% faktor lain yang mempengaruhi aktivitas ibadah mereka sehari-hari.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: aktivitas belajar PAI; Motivasi; Shalat dhuha;
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: saepul anwar
Date Deposited: 24 Jan 2019 08:47
Last Modified: 24 Jan 2019 08:47
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/18288

Actions (login required)

View Item View Item