Pendidikan keimanan anak dalam keluarga menurut Zakiah Daradjat

Muslimawaty, Rivanti (2010) Pendidikan keimanan anak dalam keluarga menurut Zakiah Daradjat. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (630kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (898kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (430kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi fakta yang nampak dalam masyarakat, yaitu banyaknya orang tua yang tidak mengerti bagaimana konsep pendidikan keimanan pada diri anak-anak. Hal ini bisa jadi didasari oleh suatu anggapan bahwa anak-anak masih terlalu kecil untuk dididik dalam hal keimanan. Padahal keluarga, dalam hal ini orang tua, adalah institusi pendidikan yang langsung berhubungan dengan anak sejak ia dilahirkan. Sehingga muncul suatu pemikiran bahwa keluarga diyakini memiliki pengaruh yang sangat kuat dalam pendidikan keimanan anak. Ini terjadi karena hubungan yang terjalin antara orang tua dan anak selama 24 jam sangat berperan penting dalam pendidikan. Zakiah Daradjat adalah seorang pakar pendidikan yang juga berpendapat pentingnya pendidikan keimanan diberikan kepada anak-anak sedini mungkin, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pemikiran Zakiah Daradjat tentang pendidikan keimanan anak dalam keluarga. Diharapkan hasil penelitian ini berguna bagi kalangan akademisi maupun keluarga dan masyarakat secara umum, sehingga berdampak positif bagi tumbuh kembang anak-anak yang kelak akan menjadi pemimpin masa depan. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode kualitatif, yaitu menggunakan analisis isi dengan studi kepustakaan dan filsafat pendidikan Islam untuk menjelaskan pendidikan keimanan anak dalam keluarga. Proses analisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sumber data yang digunakan adalah data tertulis yang berasal dari buku-buku, tulisan serta hasil wawancara dengan Zakiah Daradjat. Penulis mencari data-data penelitian yang diperoleh dari tulisan dan buku-buku karya Zakiah Daradjat yang berkaitan dengan pendidikan keimanan anak dalam keluarga. Selain itu penulis juga mengadakan wawancara dengan Zakiah Daradjat, baik secara langsung maupun lewat telepon. Setelah itu penulis meramu berbagai temuan tersebut, serta meminta tanggapan kepada Zakiah Daradjat agar hasilnya lebih valid. Dari penelitian yang penulis lakukan, Zakiah Daradjat memiliki pemikiran yang jelas tentang pendidikan keimanan anak dalam keluarga, yang bertujuan menjadikan anak sebagai insan kamil, dengan materi rukun iman yang enam, dengan metode peneladanan; pembiasaan; pembetulan yang salah; melerai yang bertengkar dengan adil; dan memperingatkan yang lupa; sedangkan evaluasi berupa uji hapalan; uji pemahaman dan praktek ibadah. Hal ini menjadikan pemikiran Zakiah Daradjat masih relevan diterapkan dalam kehidupan saat ini dan menjadi referensi bagi orang tua, para guru dan pihak-pihak terkait lainnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan; Agama; Zakiah Daradjat
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Special Education
Education, Research
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Zulfa Sofyani Putri
Date Deposited: 24 Jan 2019 01:57
Last Modified: 11 Jan 2022 06:50
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/18241

Actions (login required)

View Item View Item