Pengembangan alat rotation Ticker Timer untuk meningkatkan pemahaman konsep pada materi gerak lurus: Penelitian pengembangan di SMA Negeri 1 Rancaekek

Zikbal, Wildan (2018) Pengembangan alat rotation Ticker Timer untuk meningkatkan pemahaman konsep pada materi gerak lurus: Penelitian pengembangan di SMA Negeri 1 Rancaekek. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (381kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (387kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (533kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (915kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (663kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (427kB) | Request a copy

Abstract

Media pembelajaran merupakan salah satu penunjang proses pembelajaran yang memiliki peran penting. Sedangkan pemahaman konsep adalah kemampuan yang harus dimiliki peserta didik setelah melaksanakan proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kelayakan alat Rotation Ticker Timer sebagai media pembelajaran fisika pada materi gerak lurus. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yaitu: Analysis (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), dan Evaluation (evaluasi). Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas MIA di SMAN 1 Rancaekek. Instrumen yang digunakan berupa lembar validasi ahli, lembar uji laboratorium, lembar uji lapangan, dan respon peserta didik. Rotation ticker timer dikembangkan dari ticker timer yang dibuat oleh Sobari dan Sucahyo (2016). Ticker timer merupakan alat yang digunakan untuk menganalisis gerak benda dalam lintasan lurus. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Berdasarkan uji laboratorium alat rotation ticker timer dapat dinyatakan layak karena sesuai dengan teori gerak lurus; 2) Berdasarkan hasil validasi ahli alat rotation ticker timer layak dijadikan media pembelajaran dengan persentase kelayakan sebesar 88,28%; 3) Berdasarkan hasil uji penggunaan alat rotation ticker timer dapat meningkatkan pemahaman konsep; 4) Hasil respon peserta didik menunjukan alat rotation ticker timer layak dijadikan media pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian ini adalah alat rotation ticker timer layak digunakan sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman konsep. Penelitian ini merekomendasikan diadakannya penelitian lanjutan untuk mengkatkan kualitas dan ketelitian alat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Konsep; Rotation Ticker Timer; Media Pembelajaran; Gerak Lurus; GLB; GLBB
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Secondary Education > Upper Level Secondary School
Education, Research
Physics > Instrumentation of Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Wildan Zikbal
Date Deposited: 24 Jan 2019 03:44
Last Modified: 24 Jan 2019 03:45
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/18228

Actions (login required)

View Item View Item