Penerapan model Context Based Learning (CBL) untuk mengembangkan keterampilan proses pada materi garam terhidrolisis: Penelitian terhadap siswa kelas XI semester genap SMA Al-Islam Kota Bandung

Muthi, Fitriyani (2014) Penerapan model Context Based Learning (CBL) untuk mengembangkan keterampilan proses pada materi garam terhidrolisis: Penelitian terhadap siswa kelas XI semester genap SMA Al-Islam Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (157kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (917kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (27kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB)

Abstract

Materi garam tehidrolisis merupakan salah satu bagian dalam ilmu kimia yang peranannya banyak dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Belajar akan lebih bermakna jika siswa mengalami apa yang dipelajarinya atau lingkungan diciptakan alamiah. Berdasarkan latar belakang tersebut maka metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kelas. Penggunaan model CBL yang terdiri dari empat tahap pembelajaran merupakan salah satu upaya untuk membentuk siswa dalam memahami hubungan antara ilmu pengetahuan dengan kehidupan sehari-hari. Secara umum tujuan dari penelitian ini mendeskripsikan aktivitas siswa dan guru dengan menerapkan model CBL, memperoleh gambaran mengenai kemampuan siswa menyelesaikan Lembar Kerja Siswa (LKS) model CBL dan memperoleh gambaran mengenai keterampilan proses siswa. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Al-Islam Kota Bandung sebanyak 23 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskripsi pembelajaran, LKS tahap questions, answers, selecting informations dan aplications berdasarkan indikator keterampilan proses, lembar observasi dan tes evaluasi. Data yang diperoleh diolah menggunakan statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan aktivitas pembelajaran siswa menggunakan model CBL pada materi garam terhidrolisis berlangsung dengan baik, hasil kemampuan rata-rata siswa menyelesaikan LKS tahap questions, answers, selecting informations dan aplications menunjukan kategori sangat baik dengan perolehan nilai masing-masing 95, 96, 84 dan 91.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Garam terhidrolisis; Context Based Learning (CBL); keterampilan proses;
Subjects: Chemistry and Allied Science > Data Processing and Analysis of Chemistry
Chemistry and Allied Science > Research and Statistical Methods of Chemistry
Analytical Chemistry > Qualitative Analysis, Quantitavie Analysis of Chemistry
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Rasyida Rofiatun Nisa
Date Deposited: 16 Jan 2019 08:18
Last Modified: 16 Jan 2019 08:18
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/18072

Actions (login required)

View Item View Item