Pembelajaran berbasis praktikum melalui penerapan self assessment untuk mengembangkan keterampilan proses sains pada konsep reaksi redoks: Penelitian kelas terhadap siswa kelas X MAN Rajagaluh

Holis, Fikry (2013) Pembelajaran berbasis praktikum melalui penerapan self assessment untuk mengembangkan keterampilan proses sains pada konsep reaksi redoks: Penelitian kelas terhadap siswa kelas X MAN Rajagaluh. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (603kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB)

Abstract

Perubahan paradigma pendidikan dari teacher centered menjadi student centered membawa konsekuensi perlunya siswa terlibat dalam kegiatan penilaiandalam pembelajaran khususnya pada pembelajaran praktikum, sehingga diperlukan suatu alternatif penilaian yang dapat melibatkan siswa pada kegiatan penilaian dalam pembelajaran praktikum reaksi redoks. Salah satu bentuk penilaian yang dapat melibatkan siswa pada pada kegiatan penilaian praktikum reaksi redoks adalah self assessment dimana pada penilaian ini siswa dapat mengetahui kriteria penilaian pada praktikum dan dapat memberikan feedback secara langsung terhadap kinerja siswa dalam pembelajaran praktikum reaksi redsoks. Pada penelitian ini dikembangkan keterampilan proses sains yang meliputi indikator mengajukan pertanyaan, merencanakan percobaan, melakukan pengamatan, menafsirkan pengamatan, mengelompokkan, menyimpulkan dan menerapkan konsep/prinsip. Tujuan penelitian ini diarahkan untuk menganalisis keterampilan proses sains pada pembelajaran berbasis praktikum, menganalisis perbedaan nilai kinerja diisi siswa dengan nilai yang diberikan oleh observer, dan mendeskripsikan tanggapan siswa terhadap pembelajaran berbasis praktikum. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kelas. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X-5 MAN Rajagaluh sebanyak 32 orang. Instrumen yang digunakan berupa LKS, lembar self, lembar observasi, serta angket. Hasil penelitian berdasarkan rubrik kinerja siswa dan observer dimana sebanyak 96% siswa melakukan kinerja dan berdasarkan observer sebanyak 90% siswa melakukan kinerja sesuai kriteria. Data hasil keterampilan proses sains berupa data kuantitatif. Kemampuan siswa pada Indikator merencanakan percobaan memperoleh nilai rata-rata 85, indikator mengajukan pertanyaan memperoleh nilai rata-rata 25, indikator melakukan pengamatan memperoleh nilai rata-rata 60,46, indikator menafsirkan pengamatan memperoleh nilai rata-rata 86,65, indikator mengelompokkan memperoleh nilai rata-rata 63,3, indikator menyimpulkan memperoleh nilai rata-rata 45,31 dan indikator menerapkan konsep/prinsip memperoleh nilai rata-rata 61,49. Sebanyak 94% siswa memberikan tanggapan setuju terhadap penerapannya. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa dengan menerapkan pembelajaran menggunakan pendekatan tersebut pada konsep reaksi redoks dapat mengembangkan keterampilan proses sains yang terimplementasi dengan baik dan dapat mengungkap kinerja siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Proses sains; Self Assessment; Berbasis Praktikum; Konsep Reaksi Redoks;
Subjects: Chemistry and Allied Science > Data Processing and Analysis of Chemistry
Analytical Chemistry > Qualitative Analysis, Quantitavie Analysis of Chemistry
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Rasyida Rofiatun Nisa
Date Deposited: 16 Jan 2019 08:08
Last Modified: 16 Jan 2019 08:08
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/18070

Actions (login required)

View Item View Item