Implementasi Algoritma Boyer Moore dalam modul pencarian judul buku pada aplikasi perpustakaan: Studi kasus Perpustakaan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (PTKIS) di Garut

Amien, Habibie Mohammad (2018) Implementasi Algoritma Boyer Moore dalam modul pencarian judul buku pada aplikasi perpustakaan: Studi kasus Perpustakaan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (PTKIS) di Garut. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (Cover)
1_cover.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
2_abstrak.pdf

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Isi)
3_daftarisi.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
4_bab1.pdf

Download (366kB) | Preview
[img] Text (Bab II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (642kB) | Request a copy
[img] Text (Bab III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Bab IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (832kB) | Request a copy
[img] Text (Bab V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB) | Request a copy

Abstract

Aplikasi perpustakaan menjadi alat standar pengelolaan bagi staf perpustakaan dalam menjalankan aktivitas pelayanan. Dalam aplikasi perpustakaan, fitur pencarian buku tidak menjadi masalah yang begitu besar ketika aplikasi digunakan untuk data yang tidak banyak, namun akan jadi permasalah yang cukup besar jika datanya yang semakin banyak. Metode dalam pencarian buku pada sistem informasi perpustakaan adalah hal yang perlu diperhatikan, kecepatan dan akurasi menjadi pertimbangan untuk diterapkan dalam aplikasi yang akan dibangun. Berdasarkan hal tersebut, diperlukan sebuah aplikasi yang tidak hanya dapat mempermudah dalam pengolahan data buku di perpustakaan, tapi juga perlu menggunakan algoritma yang paling efektif dan efisien agar aplikasi yang dibuat lebih optimal. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka penelitian ini mengimplementasikan algoritma Boyer – Moore pada fitur pencarian. Algoritma ini merupakan algoritma pencarian kata yang mencocokkan data dari kanan ke kiri dan berdasarkan jurnal – jurnal, algoritma ini dirasa paling efektif untuk melakukan pencarian kata baik dari segi waktu maupun tingkat keefektifan hasil pencarian. Aplikasi ini dirancang menggunakan PHP, MySQL, HTML, CSS, dan Javascript. Implementasi algoritma Boyer-Moore pada Aplikasi Perpustakaan sesuai dengan perencanaan dan terbukti setelah melalui 20 kali pengujian black box, semua judul buku yang dicari pada aplikasi perpustakaan berhasil tampil, dengan prosentase keberhasilan 100%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Algoritma; Boyer Moore; Aplikasi Perpustakaan
Subjects: Technology, Applied Sciences
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Teknik Informatika
Depositing User: Habibie habibie habibie
Date Deposited: 16 Jan 2019 07:00
Last Modified: 16 Jan 2019 07:00
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/18052

Actions (login required)

View Item View Item