Perbandingan hasil belajar siswa pada materi sistem ekskresi manusia dengan menggunakan model pembelajaran NHT (Numbered Head Together) dan STAD (Student Team Achivement Division): Penelitian di kelas XI IPA MA Al-Husna Cisalak-Kab. Subang

Pusparatih, Dhati M (2013) Perbandingan hasil belajar siswa pada materi sistem ekskresi manusia dengan menggunakan model pembelajaran NHT (Numbered Head Together) dan STAD (Student Team Achivement Division): Penelitian di kelas XI IPA MA Al-Husna Cisalak-Kab. Subang. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (871kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (510kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (723kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB)

Abstract

Penelitian dengan model pembelajaran yang sesuai sangat membantu siswa dalam memahami pelajaran dan meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran. Selain itu pembelajaran yang digunakan guru hanya metode ceramah dalam penyampaian materi sehingga siswa kurang terlibat dalam proses pembelajaran dan menyebabkan mereka kurang memahami materi yang disampaikan. Maka dari itu, peneliti mencoba menggunakan model pembelajaran yang dapat menjadi salah satu solusi alternatif yaitu dengan menggunakan NHT (Numbered Head Together) Dan STAD (Student Team Achivement Division). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran proses pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran NHT (Numbered Head Together) dan STAD (Student Team Achivement Division), hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran NHT (Numbered Head Together) dan STAD (Student Team Achivement Division) serta untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran NHT (Numbered Head Together) dan STAD (Student Team Achivement Division) pada materi sistem ekskresi manusia. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen design. Adapun populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2 dengan jumlah siswa masing-masing kelas 30 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan test sebagai data primer serta laporan observasi sebagai data penunjang. Instrumen yang digunakan berupa tes pilihan ganda yang telah diujicobakan terlebih dahulu di MA Al – istiqomah Tanjungsiang. Analisis data penelitian meliputi uji normalitas uji homogenitas dan uji hipotesis. Berdasarkan analisis data hasil penelitian, rata-rata kelas NHT (Numbered Head Together) diperoleh rata-rata nilai pretest sebesar 45,67, posttest sebesar 70,17 dan N-Gain sebesar 0,45 dengan kategori sedang dan untuk kelas STAD (Student Team Achivement Division) diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 39,67, posttest sebesar 54,67 dan N-Gain sebesar 0,24 dengan kategori rendah. Hasil analisis uji Mann WhItney, menunjukkan bahwa Zhitung > Ztabel, yaitu 3,88 > 1,65 pada taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran NHT (Numbered Head Together) lebih baik daripada dengan menggunakan model pembelajaran STAD (Student Team Achivement Division), dinyatakan signifikan dan hipotesis diterima.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: sistem ekskresi manusia; model pembelajaran NHT (Numbered Head Together); STAD (Student Team Achivement Division);
Subjects: Biology > Data Processing and Analysis of Biology
Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Rasyida Rofiatun Nisa
Date Deposited: 16 Jan 2019 02:45
Last Modified: 16 Jan 2019 02:45
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/18044

Actions (login required)

View Item View Item