Pembuatan tape singkong berbagai macam rasa dengan penggunaan konsentrasi ragi yang berbeda: Penelitian kimia terapan untuk pengembangan format lembar kerja berbasis saintifik

Priatna, Derry (2014) Pembuatan tape singkong berbagai macam rasa dengan penggunaan konsentrasi ragi yang berbeda: Penelitian kimia terapan untuk pengembangan format lembar kerja berbasis saintifik. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (299kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (271kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (584kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (27kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB)

Abstract

Singkong dalam keadaan segar tidak tahan lama. Agar dapat bertahan lama, singkong harus diolah terlebih dahulu menjadi bentuk yang lebih awet. Salah satu bentuk pengawetan singkong adalah dengan dibuat menjadi tape melalui proses fermentasi. Penambahkan zat perasa makanan pada pembuatan tape singkong yang merupakan salah satu zat aditif yang ditambahkan dengan tujuan untuk menarik selera dan keinginan konsumen. Tujuan penelitian ini: 1. Penentuan konsentrasi ragi optimum, 2. penentuan rasa yang paling disukai, 3. Mendeskripsikan karakteristik lembar kerja berbasis saintifik, 4. mendeskripsikan hasil uji kelayakan format lembar kerja. Penelitian ini merupakan riset dan pengembangan sampel penelitian singkong(Manihot utilissima Pohl) yang diambil dari Desa Rancamanggung Kecamatan Tanjungsiang Kabupaten Subang. Konsentrasi ragi 0,5% , 1,0% dan 1,5% (b/b).Parameter yang diukur meliputi kadar air, kadar glukosa, perasa makanan, pH dan uji organoleptik yaitu uji rasa, aroma dan kesukaan.Berdasarkan hasil penelitian diperoleh konsentrasi ragi optimum yaitu 1% b/b. Hasil uji organoleptik tape singkong yang paling disukai panelis adalah tape singkong dengan perasa makanan melon. Tape singkong yang dihasilkan mempunyai rasa sedikit manis agak asam sampai manis sedikit asam , aroma khas tape agak tajam aromanya , kadar air 69,30%, pH 3,00 dengan kadar glukosa 3,43%. Secara umum, karakteristik lembar kerja berbasis saintifik: mengamati, menanya, mencoba eksperimen, mengasosiasi dan mengkomunikasikan, sesuai dengan kurikulum 2013. Hasil uji kelanyakan format lembat kerja pembuatan tape singkong berbagai macam rasa buah-buahan berbasik saintifik yang di buat layak digunakan sebagai penuntun praktikum dalam pembelajaran kimia dengan persentasi sebesar hasil validasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Format lembar kerja; Tape singkong; Zat aditif pada makanan;
Subjects: Chemistry and Allied Science > Data Processing and Analysis of Chemistry
Analytical Chemistry > Qualitative Analysis, Quantitavie Analysis of Chemistry
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Rasyida Rofiatun Nisa
Date Deposited: 11 Jan 2019 03:12
Last Modified: 11 Jan 2019 03:12
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/17975

Actions (login required)

View Item View Item