Pembelajaran predict, observe, explain berbantuan media simulasi interaktif untuk mengembangkan kemampuan tiga level representasi siswa pada konsep kesetimbangan kelarutan: penelitian kelas terhadap siswa kelas XI IPA 5 di SMA Negeri 2 Subang

Wahyu, Ade (2014) Pembelajaran predict, observe, explain berbantuan media simulasi interaktif untuk mengembangkan kemampuan tiga level representasi siswa pada konsep kesetimbangan kelarutan: penelitian kelas terhadap siswa kelas XI IPA 5 di SMA Negeri 2 Subang. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (113kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (423kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (593kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (458kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (121kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB)

Abstract

Kesetimbangan kelarutan merupakan salah satu konsep yang pemahamannya mencakup representasi makroskopik, submikroskopik, dan simbolik. Siswa seharusnya mempunyai kemampuan yang seimbang pada ketiga level representasi kimia. Perkembangan kemampuan representasi siswa pada konsep kesetimbangan kelarutan dapat dilakukan melalui penerapan pembelajaran POE berbantuan media simulai interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas siswa selama proses pembelajaran, mengukur kemampuan tiga level representasi siswa dalam menyelesaikan LKS pada setiap tahapan pembelajaran, dan mengukur kemampuan tiga level representasi siswa setelah selesai pembelajaran. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kelas, dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas XI IPA 5 di SMA Negeri 2 Subang sebanyak 41 siswa. Instrumen yang digunakan diantaranya lembar observasi aktivitas siswa, lembar kerja siswa, dan soal tes penguasaan konsep. Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa selama proses pembelajaran terlaksana sangat baik. Kemampuan representasi siswa dalam menyelesaikan LKS pada tahap pembelajaran secara keseluruhan sudah baik, hal ini terlihat dari hasil kinerja siswa pada setiap tahap pembelajaran yaitu tahap predict (baik), tahap observe (sangat baik), dan tahap explain (baik). Kemampuan tiga level representasi siswa setelah pembelajaran secara keseluruhan sudah baik. Berdasarkan penelitian ini, siswa harus mulai membiasakan menghubungkan kemampuan representasi kimia pada setiap konsep kimia yang dipelajari, dan bagi pendidik harus dapat menggunakan metode dan media pembelajaran yang tepat dalam mengembangkan kemampuan representasi siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran POE (Predict, Observe, Explain); Media Simulasi Interaktif; Representasi Kimia; Kesetimbangan Kelarutan;
Subjects: Chemistry and Allied Science > Data Processing and Analysis of Chemistry
Chemistry and Allied Science > Research and Statistical Methods of Chemistry
Analytical Chemistry > Qualitative Analysis, Quantitavie Analysis of Chemistry
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Rasyida Rofiatun Nisa
Date Deposited: 10 Jan 2019 06:39
Last Modified: 10 Jan 2019 06:39
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/17949

Actions (login required)

View Item View Item