Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Question Student Have (QSH) untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada materi getaran dan gelombang

Haris, Abdul (2014) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Question Student Have (QSH) untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada materi getaran dan gelombang. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (811kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (822kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi berdasarkan hasil observasi terhadap model pembelajaran yang digunakan, dan wawancara guru mata pelajaran fisika di SMPN 1 Atap Jati Saguling Kab. Bandung Barat, model pembelajaran yang digunakan masih belum bisa memfasilitasi untuk melatih hasil belajar kognitif siswa, dan pada saat kegiatan pembelajaran siswa hanya mendengarkan yang disampaikan oleh guru tanpa mencari sendiri sehingga siswa kurang aktif dalam kegiatan pembelajarannya. Berdasarkan hal tersebut, dibutuhkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa. Model pembelajaran yang dapat dijadikan alternatif untuk masalah tersebut adalah model pembelajaran kooperatif tipe QSH. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe QSH dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kognitif siswa kelas VIII SMPN 1 Atap Jati Bandung Barat, dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe QSH pada materi pokok Getaran dan Gelombang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pre eksperimen dan desain yang digunakan adalah one-group pretest-postest design. Penelitian ini dilakukan di kelas VIII SMPN 1 Atap Jati Bandug Barat. Teknik penarikan sampelnya menggunakan purposive sample dan yang dijadikan sampel adalah kelas VIII A. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran aktivitas siswa dan guru, serta tes berbentuk tes objektif pilihan ganda berjumlah 8 soal. Hasil peneltian menunjukkan terdapat peningkatan keterlaksanaan pembelajaran dari semua pertemuan 85,9% dengan kategori baik dan adanya peningkatan hasil belajar kognitif siswa pada materi Getaran dan Gelombang melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe QSH dengan rata-rata nilai N-Gain sebesar 0,64 dengan kategori tinggi. Dengan demikian model pembelajaran kooperatif tipe QSH untuk dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe QSH; Hasil Belajar Kognitif; Getaran dan Gelombang;
Subjects: Physics > Data Processing and Analysis of Physics
Physics > Research and Statistical Methods of Physics
Physics > Theories and Mathematical Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Rasyida Rofiatun Nisa
Date Deposited: 10 Jan 2019 06:30
Last Modified: 10 Jan 2019 06:30
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/17948

Actions (login required)

View Item View Item