Klasifikasi keluhan pelanggan PT PLNArea Bandung menggunakan metode smart (Simpel Multi Attribute Rating Technique)

Abdurahman, Ihsan (2017) Klasifikasi keluhan pelanggan PT PLNArea Bandung menggunakan metode smart (Simpel Multi Attribute Rating Technique). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (290kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (444kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (764kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (468kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (393kB) | Request a copy

Abstract

Pemilihan tindak lanjut keluhan user kepada PLN dilakukan dengan cara memilih alternatif keluhan yang memenuhi syarat berdasarkan kriteria yang sudah ditentukan. Dalam pemilihan tingkat keluhan selama ini masih dilakukan secara manual, sehingga terkadang dalam pengambilan keputusan tidak tepat sasaran karena banyaknya kriteria yang harus dihitung serta tidak jelasnya pembobotan nilai sehingga penilaian menjadi tidak objektif. Kriteria yang digunakan pada penelitian ini adalah data keluhan seperti jumlah wilayah yang padam, gangguan yang terjadi, kondisi MCB (Moulded Circuit Breaker), dan LPB (Listrik Pra Bayar) muncul tanda periksa. Penelitian ini menggunakan metode SMART (Simple Multi Attribute Rating Technique), karena metode ini mampu menyelesaikan masalah dengan multikriteria. Pada system ini menggunakan JAVA dan MySQL. Penelitian ini menggunakan metode SMART dengan tahapan yakni setiap kriteria diranking berdasarkan tingkat keluhan. Selanjutnya diberikan bobot sehingga dapat dihitung nilai normalisasi. Untuk melakukan penilaian terhadap alternatif dihitung single attribute utilities sehingga output yang dihasilkan adalah suatu sistem pendukung keputusan berupa nilai tingkat. Sistem telah dilakukan dengan 1 pengujian, yakni menggunakan black box dengan kesimpulan bahwa sistem mampu memberikan hasil yang optimal dan layak digunakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Keluhan; SMART; MCB; LPB;
Subjects: Data Processing, Computer Science > Cloud Computing
Engineering
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Teknik Informatika
Depositing User: Ihsan Abdurahman
Date Deposited: 09 Jan 2019 08:20
Last Modified: 29 Apr 2019 06:28
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/17939

Actions (login required)

View Item View Item