Penerapan model pembelajaran kooperatif dengan Formulate Share Listen Create (FSLC) untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa: penelitian eksperimen pada pokok bahasan prisma dan limas di SMP Negeri 30 Bandung kelas VIII semester genap

Sari, Ratna (2014) Penerapan model pembelajaran kooperatif dengan Formulate Share Listen Create (FSLC) untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa: penelitian eksperimen pada pokok bahasan prisma dan limas di SMP Negeri 30 Bandung kelas VIII semester genap. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (554kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (623kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB)

Abstract

Kemampuan penalaran matematis siswa yang masih rendah. Mengakibatkan masih banyaknya siswa yang pasif dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, diperlukan suatu penelitian yang dapat mengatasi permasalahan tersebut. Model pembelajaran kooperatif dengan Formulate Share Listen Create (FSLC) menjadi salah satu alternatif dalam meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan quasi experimental design bentuk nonequivalen control group design terdapat 2 kelas yaitu, kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran dengan FSLC dan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (a)aktivitas guru dan siswa dalam model pembelajaran kooperatif dengan FSLC; (b)perbedaan peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa ditinjau dari Pengetahuan Awal Matematika (PAM) siswa; (c)sikap siswa terhadap model pembelajaran kooperatif dengan FSLC. Hasil penelitian sebagai berikut: (a)rata-rata aktivitas guru pada ketiga pertemuan adalah 80,56% Sedangkan, rata-rata aktivitas siswa adalah 77,78%; (b)Hasil analisis gain ternomalisasi menggunakan uji ANOVA dua jalur terdapat perbedaan peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa antara yang menggunakan model pembelajaran kooperatif dengan FSLC dan pembelajaran konvensional secara keseluruhan dan terdapat faktor PAM siswa yang berpengaruh kepada peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa; (c)Sikap siswa terhadap model pembelajaran kooperatif dengan FSLC sebagian besar siswa memberikan respon positif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif; FSLC; Kemapuan Penalaran Matematis;
Subjects: Mathematics > Data Processing and Analysis of Mathematics
Mathematics > Research Methods of Mathematics
Applied mathematics > Special Topics of Applied Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Rasyida Rofiatun Nisa
Date Deposited: 07 Jan 2019 05:47
Last Modified: 07 Jan 2019 05:47
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/17883

Actions (login required)

View Item View Item