Analisis pati dan asam askorbat pada tepung pisang dengan metode titrasi iodometri: penelitian kimia terapan untuk pengembangan format lembar kerja berbasis saintifik

Fadilah, Lia Nur (2014) Analisis pati dan asam askorbat pada tepung pisang dengan metode titrasi iodometri: penelitian kimia terapan untuk pengembangan format lembar kerja berbasis saintifik. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (206kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (584kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (476kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB)

Abstract

Produksi beras di Indonesia semakin mengalami penurunan karena beralihnya fungsi lahan pertanian ke non pertanian, hal itu menyebabkan masyarakat harus mempunyai alternatif lain sebagai pengganti beras yang dapat memenuhi kebutuhan akan karbohidrat. Tepung pisang merupakan produk yang cukup prospektif dalam pengembangan sumber pangan lokal sehingga diharapkan dapat dipergunakan sebagai subsitusi beras atau penganekaragaman makanan berkarbohidrat. Tepung pisang yang mempunyai kadar karbohidrat tinggi terdapat pada jenis pisang nangka dan pisang ambon. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis karakteristik tepung pisang dengan metode titrasi iodometri sehingga dapat dikembangkan menjadi lembar kerja mahasiswa yang karakteristiknya dapat dideskripsikan berdasarkan hasil uji kelayakannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tepung pisang nangka sebelum perendaman dengan larutan natrium bisulfit yang dianalisis dengan metode titrasi iodometri mempunyai kadar pati dan asam askorbat sebesar 3,43% : 3,34%, sedangkan sesudah perendaman sebesar 8,05% : 1,86%, kadar air 5,1%, daya serap air 26,44%, rendemen tepung 23,60%, warna tepung putih kekuningan dan aroma khas tepung pisang. Karakteristik lembar kerja yang dihasilkan berbasis saintifik yaitu mengamati, menanya, mencoba, menalar dan membentuk jejaring untuk semua mata pelajaran (menyajikan). Hasil uji kelayakan lembar kerja analisis pati dan asam askorbat pada tepung pisang dengan metode titrasi iodometri yaitu sebesar 0,78 yang berarti layak digunakan untuk praktikum.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: analisis pati; analisis asam askorbat; tepung pisang; iodometri;
Subjects: Chemistry and Allied Science > Data Processing and Analysis of Chemistry
Analytical Chemistry > Qualitative Analysis, Quantitavie Analysis of Chemistry
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Rasyida Rofiatun Nisa
Date Deposited: 04 Jan 2019 07:28
Last Modified: 04 Jan 2019 07:28
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/17843

Actions (login required)

View Item View Item