Penerapan model pembelajaran everyone is a teacher here (ETH) untuk meningkatkan kemampuaan komunikasi matematika siswa: penelitian tindakan kelas pada siswa kelas VII MTs. Al-Baroroh Limbangan-Garut

Suryani, Iis (2014) Penerapan model pembelajaran everyone is a teacher here (ETH) untuk meningkatkan kemampuaan komunikasi matematika siswa: penelitian tindakan kelas pada siswa kelas VII MTs. Al-Baroroh Limbangan-Garut. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (821kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (738kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB)

Abstract

Berdasarkan hasil survey, observasi dan wawancara yang dilakukan di MTS Al-Baroroh Limbangan Garut terlihat guru mendominasi kegiatan pembelajaran dikelas. Sehingga kemampuan komunikasi matematika siswa diduga masih kurang optimal. Salah satu alternatifnya adalah dengan menerapkan model pembelajaran Everyone Is A Teacher Here (ETH). Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi mengenai peranan penerapan model pembelajaran Everyone Is A Teacher Here (ETH) untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa pada pokok bahasan segitiga. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs. Al-Baroroh Limbangan-Garut sebanyak 24 orang siswa, tahun ajaran 2013/2014. Pengambilan data dilakukan dengan tes (tes tiap siklus dan post-test) dan non tes (observasi aktivitas guru dan siswa, serta instrument skala sikap). Dari hasil penelitian yang telah dilakukan sebanyak empat kali pertemuan, maka diperoleh hasil yang menunjukan bahwa hasil analisis lembar observasi menggambarkan aktivitas guru dan siswa pada setiap siklus pembelajaran secara keseluruhan termasuk kategori baik dan untuk setiap siklusnya terdapat pengaruh positif dari model pembelajaran Everyone Is A Teacher Here (ETH). Kemampuan komunikasi matematika siswa pada tiap siklus tergolong kedalam kategori baik dan mengalami peningkatan. Terlihat dari rata-rata kemampuan komunikasi matematika siswa pada siklus I sebesar 66,67, siklus II sebesar 79,17 dan siklus III sebesar 87,50, dan hasil analisis tes akhir memiliki kriteria baik dengan ketuntasan klasikal 91,67 dan rata-rata kemampuan komunikasi matematika siswa adalah 79,08. Maka terjadi peningkatan kemampuan komunikasi matematika siswa setelah mengikuti seluruh siklus pembelajaran yang memperoleh penerapan model pembelajaran Everyone Is A Teacher Here (ETH) pada materi segitiga. Sedangkan hasil analisis data skala sikap, diperoleh bahwa tanggapan siswa terhadap pembelajaran dapat dikatakan baik atau secara umum positif. Terlihat dari rata-rata skor sikap siswa terhadap pembelajaran matematika materi segitiga menunjukan sikap positif dengan skor sikap siswa yaitu 3,68. Skor sikap siswa terhadap model pembelajaran Everyone Is A Teacher Here (ETH) menunjukan sikap positif dengan skor sikap siswa yaitu 3,73. Sedangkan skor sikap siswa terhadap soal-soal komunikasi matematika menunjukkan sikap positif dengan skor sikap siswa yaitu 3,75

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran ETH; Kemampuan Komunikasi Matematika;
Subjects: Mathematics > Data Processing and Analysis of Mathematics
Mathematics > Research Methods of Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Rasyida Rofiatun Nisa
Date Deposited: 04 Jan 2019 06:25
Last Modified: 04 Jan 2019 06:25
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/17836

Actions (login required)

View Item View Item