Penerapan portofolio proyek berorientasi keterampilan proses sains siswa pada materi kimia kelas XI IPA semester 2: penelitian kelas pada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Subang

Shidiq, Galih Albarra (2014) Penerapan portofolio proyek berorientasi keterampilan proses sains siswa pada materi kimia kelas XI IPA semester 2: penelitian kelas pada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Subang. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (301kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (436kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (612kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB)

Abstract

Dalam melakukan proses pembelajaran dan hasil belajar kemampuan guru menjadi salah satu kunci untuk mengelola pembelajaran dikelas. Penilaian portofolio adalah suatu pendekatan penilaian yang sistematis dan logis untuk mengungkapkan dan menilai peserta didik secara komprehensif, objektif, akurat, dan sesuai dengan bukti-bukti otentik (dokumen) yang dimiliki oleh peserta didik tersebut. Kemampuan siswa dapat terlihat pada saat mengerjakan tugas proyek yang menuntut siswa untuk merancang, memecahkan masalah, membuat keputusan, melakukan kegiatan investigasi, serta memberikan kesempatan kepada siswa untuk bekerja. Selain itu keterampilan proses sains siswa dapat diarahkan pada pembelajaran yang aktif untuk memperoleh keterampilan yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari- hari. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan portofolio proyek, menganalisis keterampilan proses sains siswa melalui penerapan portofolio proyek berdasarkan LKS dan kinerja, dan mendeskripsikan tanggapan siswa mengenai penggunaan penerapan portofolio proyek. Metode yang digunakan yaitu penelitian kelas terhadap siswa kelas XI SMA Negeri 2 Subang sebanyak 45 siswa. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi siswa dan guru, lembar kerja siswa, lembar penilaian presentasi, lembar penilaian kinerja, lembar penilaian portofolio dan angket tanggapan siswa. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata aktivitas siswa mendapatkan (92%) kategori sangat baik. rata-rata nilai LKS mendapatkan (72,1) kategori baik, rata-rata indikator KPS berdasarkan tahapan pembelajaran mendapatkan (76,5) kategori baik, rata-rata nilai KPS berdasarkan presentasi siswa mendapatkan (73,7) kategori baik, rata-rata nilai KPS berdasarkan portofolio siswa mendapatkan (90,7) kategori sangat baik dan rata-rata nilai KPS berdasarkan kinerja siswa pada konsep titrasi asam basa mendapatkan nilai (92) kategori sangat baik, pada konsep larutan penyangga, mendapatkan nilai (94) kategori sangat baik. Sedangkan pada pada konsep sistem koloid, mendapatkan nilai (97) kategori sangat baik. Persentase rata-rata tanggapan siswa mendapatkan (82%) interpretasi sangat kuat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Portofolio proyek; KPS siswa; materi kimia kelas XI IPA semester 2;
Subjects: Chemistry and Allied Science > Data Processing and Analysis of Chemistry
Chemistry and Allied Science > Research and Statistical Methods of Chemistry
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Rasyida Rofiatun Nisa
Date Deposited: 04 Jan 2019 04:18
Last Modified: 04 Jan 2019 04:18
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/17824

Actions (login required)

View Item View Item