Analisis kemampuan tiga level representasi siswa pada konsep asam basa menggunakan tes uraian berdasarkan kerangka DAC (Definition, Algorithmic, Conceptual: penelitian deskriptif terhadap siswa kelas XI IPA SMAN 1 Majalaya

Sari, Citra Wulan (2014) Analisis kemampuan tiga level representasi siswa pada konsep asam basa menggunakan tes uraian berdasarkan kerangka DAC (Definition, Algorithmic, Conceptual: penelitian deskriptif terhadap siswa kelas XI IPA SMAN 1 Majalaya. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (224kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (515kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (407kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB)

Abstract

Konsep asam basa merupakan konsep kimia yang dipahami dengan melibatkan tiga level representasi dalam proses pembelajarannya. Tiga level representasi yang meliputi makroskopik, submikroskopik dan simbolik harus dimiliki siswa agar pemahaman konsep kimia diperoleh secara utuh. Pengukuran kemampuan representasi siswa menggunakan instrumen tes uraian berdasarkan kerangka DAC belum diterapkan di sekolah secara umum. Oleh karena itu, dilaksanakan penelitian deskriptif untuk mengetahui bagaimana kemampuan representasi siswa dalam menyelesaikan soal secara mandiri close book, mandiri open book, berpasangan close book dan berpasangan open book terhadap 130 siswa SMA. Indikator representasi yang diteliti adalah simbolik-submikroskopik, makroskopik-simbolik, makroskopik-submikroskopik-simbolik dan makroskopik-submikroskopik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan kemampuan representasi antara siswa yang menyelesaikan tes secara mandiri close book dan open book serta berpasangan close book dan open book. Keseluruhan siswa lebih berhasil dalam merepresentasikan makroskopik ke submikroskopik dibandingkan merepresentasikan simbolik ke submikroskopik, makroskopik ke simbolik dan submikroskopik kesimbolik. Namun, tes yang dikerjakan siswa berpasangan secara close book lebih baik dibandingkan dengan yang mandiri open book, mandiri close book dan berpasangan open book. Faktor kesulitan pemahaman konsep asam basa yaitu dalam menginterpretasikan diagram submikroskopik kedalam fenomena, persamaan reaksi dan perhitungan kimia. Siswa tidak mampu menurunkan rumus perhitungan kimia dari persamaan reaksi yang diberikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Representasi Kimia; Instrumen; Kerangka DAC; Tesuraian; Asam Basa;
Subjects: Chemistry and Allied Science > Data Processing and Analysis of Chemistry
Analytical Chemistry > Qualitative Analysis, Quantitavie Analysis of Chemistry
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Rasyida Rofiatun Nisa
Date Deposited: 03 Jan 2019 03:51
Last Modified: 03 Jan 2019 03:51
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/17797

Actions (login required)

View Item View Item