Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap penguasaan konsep siswa pada materi sistem saraf: penelitian pada Siswa Kelas XI SMAN 1 Kawali Kab. Ciamis

Nadiya, Isti (2017) Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap penguasaan konsep siswa pada materi sistem saraf: penelitian pada Siswa Kelas XI SMAN 1 Kawali Kab. Ciamis. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK fix.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (464kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (642kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (521kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV pembahasan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (823kB)
[img] Text (BAB V)
8_BAB V kesimpulan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil studi pendahuluan di salah satu sekolah menengah atas di Ciamis terhadap nilai Biologi kelas XI menunjukkan rata-rata nilai Biologi berada dibawah nilai KKM yang ditentukan oleh sekolah. Selain itu, pelaksanaan proses pembelajarn belum pernah menggunakan model pembelajaran PBL. Penelitian ini bertujuan: pertama, menganalisis penguasaan konsep siswa pada materi sistem saraf dengan model pembelajaran Problem Based Learning. Kedua, menganalisis penguasaan konsep siswa pada materi sistem saraf dengan pendekatan saintifik. Ketiga, mendeskripsikan keterlaksanaan kegiatan belajar mengajar model Problem Based Learning dan pendekatan saintifik. Metode penelitian yang digunakan adalah quasy experiment dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Pada desain penelitian ini, satu kelas diberi perlakuan tertentu yaitu pembelajaran dengan model pembelajaran Problem Based Laerning, sementara kelas yang satunya lagi menggunakan pendekatan saintifik. Sampel ditentukan dengan teknik purposive sampling sebanyak 2 kelas, yaitu XI MIA 1 dan XI MIA 3. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa : penguasaan konsep siswa pada kelas dengan pembelajaran menggunakan model PBL memiliki nilai postest sebesar 82 dengan kategori baik dan rata-rata peningkatan hasil belajar (N-Gain) sebesar 0.72 dengan kategori tinggi, sedangkan penguasaan konsep siswa pada kelas dengan pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik memiliki nilai rata-rata postest sebesar 69,35 dengan kategori cukup dan peningkatan hasil belajar (N-Gain) sebesar 0.42 dengan kategori sedang. Keterlaksanaan pembelajaran dengan model PBL memiliki persentase 74,5% (cukup) dan pembelajaran dengan pendekatan saintifik memiliki persentase 71,5% (cukup). Hasil uji hipotesis menunjukan thitung > ttabel yaitu 6,87 > 1,99 sehingga Ho di tolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa model PBL berpengaruh positif dan signifikan terhadap penguasaan konsep siswa pada materi sistem saraf.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Saraf; Problem Based Learning; Sistem;
Subjects: Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 05 Jan 2019 07:45
Last Modified: 05 Jan 2019 07:45
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/17795

Actions (login required)

View Item View Item