Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe MURDER untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa: penelitian eksperimen di kelas IX MTsN Jatisari Kab. Karawang pada pokok bahasan bangun ruang sisi lengkung

Rahman, Ahmad Fauzi (2014) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe MURDER untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa: penelitian eksperimen di kelas IX MTsN Jatisari Kab. Karawang pada pokok bahasan bangun ruang sisi lengkung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (657kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (768kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: gambaran proses pembelajaran, peningkatan kemampuan komunikasi matematika siswa, perbedaan kemampuan komunikasi matematika siswa dansikap siswa terhadap pembelajaran menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe MURDER tugas terstruktur, model pembelajaran Kooperatif tipe MURDER tugas biasa dan model pembelajaran Konvensional. Penelitian ini dilakukan di kelas IX MTsN Jatisari pada pokok bahasan bangun ruang sisi lengkung. Untuk pengambilan data, peneliti mengambil populasi seluruh siswa kelas IX. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling, sehingga didapat sampel kelas IX B dengan model Kooperatif tipe MURDER terstruktur, IX D dengan model Kooperatif tipe MURDER biasa dan IX Amodel konvensional. Data yang diperoleh menggunakan instrument penelitian pretes, postes, lembar observasi, dan skala sikap. Berdasarkan hasil pengolahan data, maka diperoleh: Gambaran aktivitas siswa dan guru terdapat peningkatan menjadi semakin baik, peningkatan komunikasi matematis siswa dengan model Kooperatif tipe MURDER dengan tugas terstruktur maupun tugas biasa hampir sama dengan kriteria sedang, secara statistik terdapat perbedaan rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol, apabila diurutkan dari yang terbaik adalah Model Kooperatif tipe MURDER dengan tugas terstruktur, Model Kooperatif tipe MURDER dengan tugas biasa dan model Konvensional, berdasarkan analisis data skala sikap diketahui bahwa sebagian besar siswa menunjukkan sikap yang positif terhadap pembelajaran dengan Model Kooperatif tipe MURDER, hal ini dapat dilihat dari rata-rata sikap siswa lebih besar dari pada sikap netral.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran MURDER; Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika;
Subjects: Mathematics > Data Processing and Analysis of Mathematics
Mathematics > Research Methods of Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Rasyida Rofiatun Nisa
Date Deposited: 02 Jan 2019 07:06
Last Modified: 02 Jan 2019 07:06
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/17772

Actions (login required)

View Item View Item