Pengaruh model pembelajaran problem based instruction (PBI) terhadap kemampuan berpikir logis siswa pada materi pokok ekosistem: penelitian pada siswa kelas X MA Ar-Rosyidiyah Bandung

Syifa, Ayatu (2014) Pengaruh model pembelajaran problem based instruction (PBI) terhadap kemampuan berpikir logis siswa pada materi pokok ekosistem: penelitian pada siswa kelas X MA Ar-Rosyidiyah Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (578kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (541kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (625kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB)

Abstract

Pentingnya peranan kemampuan berpikir logis dalam pembelajaran disebabkan karena banyak siswa mengalami penurunan dalam hasil belajar terutama dalam hal pemecahan masalah. Dalam proses pembelajaran mata pelajaran biologi khususnya materi ekosistem memerlukan suatu model pembelajaran yang melatih kemampuan siswa dalam memecahkan permasalahan dengan benar. Oleh sebab itu diperlukan model pembelajaran yang tepat dan mendukung yaitu model Problem Based Instruction (PBI). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran, peningkatan kemampuan berpikir logis siswa dan pengaruh model PBI serta respon siswa terhadap pembelajaran model PBI dan tanpa menggunakan model PBI. Metode penelitiannya adalah Quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group pretest-posttest. Penelitian dilaksanakan di kelas X MA Ar-Rosyidiyah Kota Bandung. Adapun instrumen yang digunakan adalah tes dan data penunjang berupa lembar observasi dan angket. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan berpikir logis dengan model PBI diperoleh rata-rata pretest sebesar 53,70 (rendah), posttest sebesar 83,30 (sangat baik), N-Gain sebesar 0,64(tinggi). Nilai N-Gain tertinggi terdapat pada penalaran korelasional, yaitu 0,83 (sangat baik). Hasil uji t pada N-Gain kelas eksperimen diperoleh nilai thitung 8,10 >ttabel 2,00 pada taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hipotesis penelitian adalah Ha diterima dan H0 ditolak. Dapat disimpulkan bahwa model PBI berpengaruh positif terhadap kemampuan berpikir logis pada materi pokok ekosistem. Hal ini didukung oleh hasil observasi aktivitas guru dan siswa serta respon siswa terhadap model PBI yaitu 3,73 dengan kategori tinggi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Problem Based Instruction; Kemampuan Berpikir Logis; Ekosistem;
Subjects: Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Biology > Statistical Methods of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Rasyida Rofiatun Nisa
Date Deposited: 31 Dec 2018 02:53
Last Modified: 31 Dec 2018 02:53
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/17728

Actions (login required)

View Item View Item