Pengaruh terapi sholawat syifa (tibbil qulub) terhadap kecemasan atlet futsal saat menghadapi turnamen: pada anggota ekstrakulikuler futsal SMAN 1 Maja tahun ajaran 2017/2018

Haryanto, Rudi (2018) Pengaruh terapi sholawat syifa (tibbil qulub) terhadap kecemasan atlet futsal saat menghadapi turnamen: pada anggota ekstrakulikuler futsal SMAN 1 Maja tahun ajaran 2017/2018. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (204kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (334kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (77kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB) | Request a copy

Abstract

Pada saat ini olah raga futsal sedang populer di Indonesia. Bahkan menjamur pada kalangan pelajar SMA/SMK. Event turnamen antar pelajar SMA/SMK sering digelar. Banyak atlet potensial, gagal menampilkan kemampuan terbaiknya, karena faktor kecemasan. Sholawat adalah bentuk religiusitas seorang muslim. Bersholawat merupakan bentuk tanda terima kasih seorang muslim kepada Nabi Muhammad SAW juga merupakan bentuk ketaatan kepada Allah SWT. Selain mendapat pahala dari Allah SWT, sholawat juga mempunyai efek relaksasi dalam mengatasi kecemasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh terapi sholawat terhadap penurunan tingkat kecemasan atlet futsal saat menghadapi turnamen. Subjek pada penelitian ini adalah anggota ekstrakulikuler futsal SMAN 1 Maja. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Data dikumpulkan melalui instrumen penelitian kuesioner, observasi dan wawancara. Subjek penelitian diambil 20 sampel berdasarkan purposive random sampling. Teknik analisa data dilakukan dengan uji Paired Sample T-test dengan bantuan program SPSS 24.0 for window. Hasil penelitian menunjukkan perhitungan paired t-test diatas memperlihatkan bahwa t hitung = 5,650 lebih besar dari t tabel 2,093 dengan signifikasi (p value) = 0,000. Artinya ada perubahan skor kecemasan sebelum perlakuan dan sesudah perlakuan secara nyata dengan nilai yang signifikan, terdapat penurunan tingkat kecemasan atlet futsal saat menghadapi turnamen setelah melakukan terapi sholawat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: terapi; sholawat;
Subjects: Pharmacology and Therapeutics > Physical Therapies and Kinds of Therapics
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Rudi haryanto
Date Deposited: 28 Dec 2018 07:00
Last Modified: 28 Dec 2018 07:00
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/17706

Actions (login required)

View Item View Item