Upaya meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran IPA pokok bahasan siklus air dengan menggunakan metode card sort: penelitian tindakan kelas di kelas V MI Matla'ul Atfal Cibiru kota Bandung

Oktapiani, Repa (2018) Upaya meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran IPA pokok bahasan siklus air dengan menggunakan metode card sort: penelitian tindakan kelas di kelas V MI Matla'ul Atfal Cibiru kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover[1].pdf

Download (440kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak[1].pdf

Download (385kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi[1].pdf

Download (409kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1[1].pdf

Download (347kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2[1].pdf
Restricted to Registered users only

Download (587kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3[1].pdf
Restricted to Registered users only

Download (495kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4[1].pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5[1].pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka[1].pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berawal dari nilai siswa yang belum memasuki standar nilai KKM dan siswa masih mengandalkan kemampuan temannya yang diatas rata-rata dalam mengerjakan ulangan ataupun latihan soal. Hal tersebut menunjukkan rendahnya pemahaman pada siswa. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui penggunaan metode card sort dalam pembelajaran IPA setiap siklus dan untuk mengetahui peningkatan pemahaman siswa. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Objek penelitian ini adalah siswa kelas V MI Matla’ul Atfal Cibiru Kota Bandung, yang berjumlah 21 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan lembar observasi guru, lembar observasi siswa dan soal tes uraian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode card sort meningkatkan pemahaman siswa. Hasil observasi guru mengalami peningkatan, pada siklus I mencapai persentase 82%, sedangkan pada siklus II mencapai persentase 97%. Begitupun aktivitas siswa mengalami peningkatan. Pada Siklus I mencapai persentase 86,5%, dan pada siklus II mencapai persentase 96,5%. Pemahaman siswa dalam mata pelajaran IPA materi siklus air mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata 64,04 pada siklus I dan 77,38 pada siklus II. Dapat disimpulkan bahwa metode card sort dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas V pada mata pelajaran IPA di MI Matla’ul Atfal Cibiru Kota Bandung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: card sort; metode pembelajaran; pemahaman
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: repa oktapiani
Date Deposited: 27 Dec 2018 03:47
Last Modified: 27 Dec 2018 03:47
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/17690

Actions (login required)

View Item View Item