Penerapan strategi direct, reading, thinking, activity, (DRTA) dalam meningkatkan membaca pemahaman pada pembelajaran tematik: penelitian tindakan kelas pada pembelajaran tema siswa kelas III di MI Naelushibyan kecamatan Cileunyi kabupaten Bandung

Handayani, Dwi Rahmasari (2018) Penerapan strategi direct, reading, thinking, activity, (DRTA) dalam meningkatkan membaca pemahaman pada pembelajaran tematik: penelitian tindakan kelas pada pembelajaran tema siswa kelas III di MI Naelushibyan kecamatan Cileunyi kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftarisi.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf

Download (378kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (486kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (513kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_Bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (334kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi adanya permasalahan pada pembelajaran Tematik yang berfokus pada pembelajaran mebaca certita di kelas III MI Naelushibyan Cileunyi Kabupaten Bandung, bahwa membaca pemahaman siswa masih dibawah KKM. Permasalahan ini dapat terjadi karena pembelajaran hanya berpusat pada guru saja, kurangnya penggunaan metode yang menarik, kurangnnya penggunaan media pembelajaran dan kurangnnya keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk 1)Mengetahui sejauh mana membaca pemahaman pada siswa sebelum penggunaan strategi DRTA. 2) Mengetaui proses penerapan strategi DRTA untuk meningkatkan membaca pemahaman 3)Mengetahui kemampuan membaca pemahaman siswa setelah menggunakan strategi DRTA. Penelitian ini dapat didasarkan beberapa faktor dalam keberhasilan membaca pemahaman pada siswa, salah satunya dengan penerapan strategi DRTA. Dari asumsi berikut maka dengan penggunaan strategi DRTA diduga dapat meningkatkan membaca pemahaman siswa pada pemebelajaran Tematik sub tema 2. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah PTK dengan objek penelitian siswa MI Naelushibyan dengan jumlah 24 siswa terdiri dari 10 siswi dan 14 siswa, dengan melalui II siklus 4 kali tindakan dengan setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan tes, observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa 1)membaca pemahaman siswa sebelum menggunakan strategi DRTA masih rendah dengan ketuntasan klasikalnya 20%. 2)Penerapan strategi DRTA pada sikus I berjalan dengan baik aktivitas guru 78.5% Karegori Baik, sedangkan siswa 72%% kategori Sedang. Siklus II aktivitas Guru 91% kategori Sangat Baik, dan siswa 80% kategorit Baik. 3)membaca pemahaman pada siswa setelah menggunakan strategi DRTA juga mengalami peningkatan. Pada siklus I tindakan I ketuntasan klasikal 25%, pada siklu I tindakan II ketuntasan klasikal 41%, jadi ketuntasan klasikal siswa pada disiklus I mencapai 33%. Siklus II tindakan I ketuntasan klasikal siswa 75%, sedangkan siklus II tindakan II ketuntasan klasikal 100%, jadi ketuntasan klasikal siswa secara keseluruhan disiklus II mencapai 87%. Dengan demikian, penelitian menggunakan PTK dan strategi DRTA berjalan dengan lancar dan dapat meningkatkan membaca pemahaman pada siswa pada pembelajaran Tematik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Directed Reading Thinking Activity; Membaca Pemahaman; Penelitian Tindakan Kelas
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dwi Rahmasari Handayani
Date Deposited: 27 Dec 2018 03:43
Last Modified: 27 Dec 2018 03:43
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/17688

Actions (login required)

View Item View Item