Kriteria rekrutmen presenter berita TV lokal di Tengah Perkembangan Industri Media: studi deskriptif pada TVRI dan Bandung TV

Handayani, Febi Vitria (2017) Kriteria rekrutmen presenter berita TV lokal di Tengah Perkembangan Industri Media: studi deskriptif pada TVRI dan Bandung TV. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (500kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (524kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (675kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (395kB)

Abstract

Keberadaan presenter sangat penting dalam sebuah program berita, maka untuk mendapatkan presenter yang baik, media televisi harus memperhatikan kriteria presenter berita pada saat proses rekrutmen. Berdasarkan pengamatan, presenter berita pada TV lokal kurang professional dalam membawakan berita, terbukti dengan adanya presenter yang harus berhenti karena dikeluarkan oleh TVRI dan Bandung TV. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan manajemen sumber daya manusia dalam merekrut presenter berita di TVRI dan Bandung TV sesuai dengan konsep kualifikasi TV presenter, proses seleksi rekrutmen presenter berita di TVRI dan Bandung TV dan pengembangan kompetensi sumber daya manusia presenter berita di TVRI dan Bandung TV. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) dan konsep kualifikasi TV presenter. Menurut teori MSDM suatu instansi atau perusahaan dapat dikategorikan maksimal jika sudah memenuhi konsep Sumber Daya Manusia, yakni perencanaan, proses seleksi rekrutmen dan pengembangan kompetensi Sumber Daya Manusia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Objek penelitian ini adalah TVRI Jabar Bandung dan Bandung TV. Sedangkan subjek penelitian ini adalah kepala divisi pemberitaan, produser berita, kepala Manajemen Sumber Daya Manusia dan presenter berita. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, pertama dalam merencanakan sumber daya manusia untuk merekrut presenter berita, kedua televisi tersebut menggunakan konsep manajemen yaitu analisis POACE (planning, organizing, actuating, controlling dan evaluating), namun dalam merencanakan kriteria presenter yang diinginkan, kedua televisi tersebut belum sepenuhnya memenuhi konsep kualifikasi TV presenter. Kedua, Proses seleksi rekrutmen pada TV lokal dilakukan melalui dua cara, yakni jalur terbuka dan jalur tertutup. Jalur terbuka adalah jalur audisi yang dilakukan secara terbuka sementara jalur tertutup ialah jalur khusus yang dilakukan pihak-pihak yang berwenang merekrut presenter berita. Ketiga, pengembangan sumber daya presenter dilakukan dengan cara pelatihan khusus untuk presenter berita dengan tujuan untuk mengembangkan kompetensi dan menambah wawasan presenter di dunia TV dan jurnalistik. Selain melakukan pelatihan, untuk mengembangkan kompetensi presenter berita, TVRI juga memberikan kesempatan kepada presenter berita untuk membawakan acara lain sesuai dengan kemampuannya, sementara Bandung TV ikut melibatkan presenter di lapangan agar wawasan jurnalistiknya bertambah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Rekrutmen; Presenter; Berita Tv; Media; Industri;
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Social Interaction, Interpersonal Relations > Content of Communication
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 19 Dec 2018 23:46
Last Modified: 19 Dec 2018 23:46
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/17534

Actions (login required)

View Item View Item