Bimbingan belajar membaca Al-Qur'an dengan metode Iqro' sistem permainan dalam meningkatkan kemampuan membaca pada anak: penelitian di TPA Al-Kautsar Komplek Bumi Harapan Cibiru Hilir Kabupaten Bandung

Azizah, Amiroh Nurul (2018) Bimbingan belajar membaca Al-Qur'an dengan metode Iqro' sistem permainan dalam meningkatkan kemampuan membaca pada anak: penelitian di TPA Al-Kautsar Komplek Bumi Harapan Cibiru Hilir Kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (182kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB) | Request a copy

Abstract

Seorang muslim tidak bisa dipisahkan dengan Al Qur’an, bahkan seorang muslim memiliki beberapa kewajiban yang terkait dengan Al Qur’an, antara lain: membaca, menghafal. Namun terkait dengan kewajiban-kewajiban Al Qur’an, tidak otomatis dimiliki seorang muslim, kondisi ini dituntut diberikannya bimbingan membaca Al Qur’an sejak dini. Hal ini seperti terjadi di TPA Al Kautsar yang menggunakan metode mudah dipelajari anak adalah dengan metode iqro disertai permainan yang selalu di senangi anak. Tujuan dari penelitian ini Untuk mengetahui model bimbingan belajar membaca Al Qur’an dengan metode iqro’ sistem permainan, untuk mengetahui pelaksanaa bimbingan belajar membaca Al Qur’an dengan metode iqro’ sistem permainan, untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan bimbingan belajar di lingkungan TPA Al Kautsar dalam meningkatkan kemampuan membaca Al Qur’an pada anak. Penelitian ini dilakukan berdasarkan pemikiran bahwa dengan adanya bimbingan membaca Al Qur’an di TPA Al Kautsar, setiap anak dapat membaca Al Qur’an. Sehingga menjadikan anak yang mampu membaca Al Qur’an yang baik dan benar serta kelak anak dapat mengamalkan segala isinya, menghafal, dan memahami Al Qur’an. Dengan ini anak diharapkan akan bermanfaat, tidak hanya bagi dirinya sendiri namun juga bagi masyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskrptif. Dalam penelitian ini data yang dikumpulkan berupa kata-kata dan gambar yang menggambarkan fenomena yang terjadi di lokasi penelitian secara fakta. Kemudian teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi,wawancara, dokumentasi. Pelaksanaan bimbingan membaca Al Qur’an Al Qur’an di TPA Al Kautsar memiliki penekanan pada metode. Metode yang digunakan meliputi: (1)ceramah, (2) metode permainan puzzle dan balok iqro, (3) metode iqro. Peran bimbingan dengan metode ini untuk lebih memudahkan anak dalam belajar Al Qur’an dan meningkatkan kemmpuan membaca Al Qur’an.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan membaca Al Qur’an; Metode Iqro dan permainan; Kemampuan membaca;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Amiroh Nurul Azizah
Date Deposited: 14 Dec 2018 09:20
Last Modified: 14 Dec 2018 09:20
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/17467

Actions (login required)

View Item View Item