Pengaruh pembelajaran pendidikan agama Islam sub aqidah akhlak terhadap motivasi dalam melaksanakan shalat berjamaah sehari-hari: penelitian pada siswa kelas X SMK Negeri Pertanian Pembangunan Cianjur

Lazuardi, Ardi Imam (2018) Pengaruh pembelajaran pendidikan agama Islam sub aqidah akhlak terhadap motivasi dalam melaksanakan shalat berjamaah sehari-hari: penelitian pada siswa kelas X SMK Negeri Pertanian Pembangunan Cianjur. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover depan.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (188kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarputaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (227kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan pada siswa kelas X SMK Negeri Pertanian Pembangunan Cianjur, terdapat kurangnya minat siswa kelas x dalam melaksanakan shalat berjamaah pada waktu shalat dzuhur, sedangkan Shalat berjama’ah merupakan perintah Allah SWT. Allah SWT memerintahkan kaum muslimin untuk mendirikan shalat yang dilakukan bersama-sama berdasarkan firman Allah yang terdapat dalam al-Qur’an dan secara teoritis pada pembelajaran pendidikan agama islam sub aqidah akhlak mampu meningkatkan motivasi siswa dalam melaksanakan shalat berjamaah. Dengan adanya feenomena tersebut peneliti tertarik untuk mengetahui bagaimana pendidikan pembelajaran agama islam sub aqidah akhlak berpengaruh terhadap motivasi siswa dalam melaksanakan shalat berjamaah sehari-hari. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui : 1) Realitas Pembelajaraan Pendidikan Agama Islam sub Aqidah Akhlak. 2) Realitas Motivasi Siswa dalam Melaksanakan Shalat Berjamaah. 3) Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Agama Islam sub Aqidah Akhlak Terhadap Motivasi Siswa dalam Melaksanakan Shalat Berjamaah Sehari-hari (penelitian pada siswa kelas X SMK Negeri Pertanian Pembangunan Cianjur). Penelitian ini berdasarkan pemikiran bahwa motivasi siswa shalat berjamaah sehari-hari antara lain dipengaruhi oleh pembelajaran pendidikan agama Islam sub aqidah akhlak. Oleh karena itu, hipotesis yang diajukan adalah semakin baik pembelajaran pendidikan agama Islam sub aqidah akhlak maka akan semakin baik motivasi siswa shalat berjamaah sehari-hari. Begitupun sebalikmya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dengan analis korelasi. Teknik pengumpulan data dan penyebaran kuisoner kepada 65 orang siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa Pembelajaran pendidikan agama Islam sub aqidah akhlak memiliki nilai rata-rata 4.61 termasuk kualifikasi sangat baik, karena berada pada interval 4,5- 5,5. Motivasi dalam melaksanakan shalat berjamaah sehari-hari memiliki nilai 4,66 termasuk kualifikasi sangat baik, karena berada pada interval 4,5- 5,5. Pengujian hipotesis atau uji t didapakan nilai t sebesar 143,112 dimana jika thitung > ttabel dengan nilai signifikansi 0.05 dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel pembelajaran pendidikan agama islam sub aqidah akhlak terhadap varibael motivasi dalam melaksanakan shalat berjamaah dan pengaruh variabel pembelajaran pendidikan agama islam terhadap varibael motivasi dalam melaksanakan shalat berjamaah adalah sebesar 27% sedangkan sisanya 73% dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: PAI; Shalat Berjamaah;
Subjects: Indonesia
Al-Hadits dan yang Berkaitan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ardi lazuardi
Date Deposited: 14 Dec 2018 08:08
Last Modified: 14 Dec 2018 08:08
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/17462

Actions (login required)

View Item View Item