Strategi dakwah Islam Majelis Tarbiyah dalam membantu mengentaskan kemiskinan masyarakat Garut: Studi terhadap pelaksanaan pengajian dan kiprah Majlis Tarbiyah di Kp. Bojong Wanaraja Garut

Mustopa, Ridwan (2018) Strategi dakwah Islam Majelis Tarbiyah dalam membantu mengentaskan kemiskinan masyarakat Garut: Studi terhadap pelaksanaan pengajian dan kiprah Majlis Tarbiyah di Kp. Bojong Wanaraja Garut. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (316kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (387kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (397kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi bahwa, kemiskinan itu merupakan sarana yang sangat efektif menuju kriminalitas, kemaksiatan dan kedzaliman. Mengenai persoalan dompet dhuafa, yang mana dalam penelitian ini, penulis akan mengambil kasus yang terjadi di Kp. Bojong Wanaraja Garut. Dimana dompet dhuafa merupakan salah satu program unggulan Majelis Tarbiyah yang dananya bersumber dari masukan yang bersumber dari Zakat, infaq dan Sodaqoh Jamaah yang tertata dan terkordinir dapat dijadikan solusi dalam mengentaskan kemiskinan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisisi perencanaan, proses, imlementasi dan evaluasi dakwah yang dilakukan oleh Majelis Tarbiyah dalam mengentaskan kemiskinan di masyarakat Kp. Bojong Wanaraja Garut. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori medan Dakwah yang di kemukakan oleh Muhammad Hussen yang menyatakan bahwa dakwah terbagi kepada : Dakwah Fardiah, dakwah Ammah, dakwah bil Lisan, dakwah bil Hal, dakwah bit Tadwin, dakwah bil Hikmah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yang dianggap relevan dengan orientasi penelitian yang lebih menitikberatkan pada metode observasi, dokumentasi dan wawancara langsung kepada subyek informal yang ditleliti. Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan Ilmu Dakwah dengan melihat usaha dan kegiatan yang dilakukan dalam bentuk sikap, ucapan dan perbuatan yang mengandung ajakan dan seruan, baik langsung maupun tidak langsung. Hasil penelitian ini adalah : Perencanaan dakwah, dimulai dengan langkah Penetapan tujuan, menyusun program, penjadwalan, penetapan prosedur dan Penganggaran. Proses dawahnya dengan memberikan pembinaan secara rutin dan terprogram, yaitu dalam bentuk, Pengajian mingguan dilaksanakan setiap malam sabtu setelah magrib. Implementasi dakwah, secara umum memiliki dua bentuk program yaitu bantuan dana konsumtif yaitu bantuan yang langsung di berikan kepada mustahik dan bersifat konsumtif, bantuan dana produktif adalah bantuan dana kepada mustahik dalam bentuk modal usaha bergulir. Dua jenis bantuan ini telah berjalan, meskipun belum terlalu maksimal. Evaluasi dakwah yang dilakukan, dengan melakukan kegiatan evaluasi 1 kali sebulan, yang dievaluasi biasanya program bulanan yang telah dilaksanakan. Sementara itu evaluasi tahunan dilakukan sekali setahun, itu merupakan evaluasi menyeluruh. Penelitian ini secara umum dapat disimpulkan bahwa strategi dakwah Islam di Majelis Tarbiyyah bahwa perencanaan, proses, implementasi dan evaluasi dakwah yang dilakukan sudah sesuai dengan yang diharapkan, meskipun belum sepenuhnya maksimal.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Strategi Dakwah; Majelis Tarbiyyah; Kemiskinan
Subjects: Islam > Da'wah
Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Rasyida Rofiatun Nisa
Date Deposited: 13 Dec 2018 07:32
Last Modified: 16 Feb 2022 03:34
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/17443

Actions (login required)

View Item View Item