Pembelajaran Bahasa Arab berbasis konstruktivisme dengan metode the silent way: penelitian eksperimen di Madrasah Ibtidaiyah Kota Bandung

Ghazali, Dede Ahmad (2016) Pembelajaran Bahasa Arab berbasis konstruktivisme dengan metode the silent way: penelitian eksperimen di Madrasah Ibtidaiyah Kota Bandung. Doktoral thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (394kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (355kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (916kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (912kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (405kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (422kB)

Abstract

INDONESIA Bahasa adalah ujaran atau suara, oleh karena itu pembelajaran bahasa hakekatnya adalah belajar berujar atau bersuara. Agar siswa bisa dan biasa berujar dan bersuara maka mereka sejak dini harus diaktifkan secara maksimal dalam proses pembelajarannya. Dari studi awal nampak gejala di lapangan guru-guru bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah di Kota Bandung tidak mengaktifkan siswa, pembelajaran monoton dan tidak hidup dan hasilnya kurang efektif. Agar siswa belajar aktif, senang, tidak monoton dan hasilnya efektif maka ada salah satu teori pembelajaran yakni teori pembelajaran Konstruktivisme. Prinsip teori ini adalah pembelajaran berdasar kepada pengalaman, keaktifan siswa baik secara individual maupun kolaboratif serta bahan ajarnya yang kontekstual. Untuk mengimplentasikan teori tersebut perlu metode yang selaras. Metode The Silent Way metode yang cocok untuk teori Konstruktivisme. Hipotesis yang diajukan adalah “dengan menggunakan teori Konstruktivisme dan metode The Silent Way maka pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah akan membentuk sikap siswa positif, konstruktif dan pembelajaran menjadi efektif.” Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui secara real profil Madrasah Ibtidaiyah di Kota Bandung, desain model pembalajaran bahasa Arab berbasis Konstruktivisme dengan metode The Silent Way, implementasi model pembelajarannya, problematika dan alternatif solusinya, keunggulan dan keterbatasannya dan tingkat keefektifan model pembelajaran tersebut. Prosedur penelitian ini dilakukan sesuai dengan prinsip-prinsip penelitian eksperimen. Oleh karena itu dalam penelitian ini dilakukan uji coba atau eksperimen. Simpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa visi dan misi Madrasah Ibtidaiyah di Kota Bandung relatif sama yakni memiliki akhlak mulia, taat beribadah, kreatif dan berprestasi. Sedangkan hasil dari implementasi model pembelajaran ternyata bahwa model pembelajaran ini memiliki keunggulan dan keterbatasan. Keunggulan metode tersebut adalah dapat membuat siswa aktif, tidak jenuh, belajar dengan suka cita, beban kerja guru berkurang, materi pelajaran mudah dimengerti dan praktis. Keterbatasannya adalah guru masih harus membimbing bacaan siswa yang memakan waktu banyak. Problematikanya adalah kesulitan dalam penyediaan alat peraga; solusinya dengan mencari gambar jadi atau menggambar sendiri. Tingkat keefektifannya adalah keterampilan berbahasa lebih terintegrasi dan siswa lebih cepat mempraktekkan keterampilan berbahasanya dan hasil pembelajarannya adalah kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan siswa kelompok kontrol, karena nilai probabilitas (signifikansi) berdasarkan statistik U sebesar 0,000 yang lebih kecil dari taraf nyata 0,05. Hal ini menunjukan penolakan Ho dan Penerimaan H1 ENGLISH Language is an utterance or sound. Therefore, language learning is basically learning to utter or to speak. In order for second language learners to be able to and accustomed to speaking or uttering, they should be given a wide room to actively speak from early age. From the preliminary study, it was evident that the Arabic teachers at Islamic Elementary Schools within Bandung region did not make their students actively engaged in the learning process; learning was passive and tended to be monotonous so that the result was not effective. In order for the students to be active, enjoyable, exciting and effective, the constructivism learning theory model was adopted. The underlining theory is that learning is based on either individual, or collaborative experience and activities among students with contextual learning materials. To apply the constructivism theory, relevant method of language teaching is required. The Silent Way Method is relevant to the constructivism . The proposed hypothesis is “employing the constructivism theory with The Silent Way Method, Arabic language teaching can promote positive learning attitude and constructive atmosphere so that learning process will be effective.” The research is aimed at identifying the factual learning profile of Islamic Elementary Schools within Bandung city regions, the design of Arabic language teaching model based on the constructivism with The Silent Way method, the implementation of teaching model, its strong and weak points as well as its effectiveness. The procedure of research was carried out on the basis of the principles of experiment. Therefore, a tryout or experiment study was used. The research concludes that the vision and mission of Islamic Elementary School within Bandung city region is relatively the same, -- that is having a good morality, religious commitment, creative thinking and a good achievement. In addition, the result of implementation reveals that the teaching model shares weak and strong points. Making students active, excited, and enjoyable, reducing teaching loads, making teaching materials more understandable, and practical, are among the strong points of the model; meanwhile, lack of relevant teaching and learning media is among its weak points. The possible solution is that seeking for relevant pictures or drawing. The level of effectiveness is that language skills are more integrated and the students could more quickly practice speaking skills and their learning achievement of the experimental class is better than that of control class with significant level, using U statistic as much as 0,000 is less than real tariff as much 0.05. This means Ho is rejected and Hi is received.

Item Type: Thesis (Doktoral)
Subjects: Arabic
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Pascasarjana Program Doktor > Program Studi Pendidikan Islam > Konsentrasi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 11 not found.
Date Deposited: 13 Dec 2018 02:37
Last Modified: 13 Dec 2018 02:37
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/17421

Actions (login required)

View Item View Item