Metode Istinbath Al-Hukmi Dewan Penasihat Syari’ah dalam Akad Bai’ Al-‘Inah di Thanakhan Islam Haeng Prathes Thai : Islamic Bank of Thailand

Lateh, Mr. Bukhoree (2017) Metode Istinbath Al-Hukmi Dewan Penasihat Syari’ah dalam Akad Bai’ Al-‘Inah di Thanakhan Islam Haeng Prathes Thai : Islamic Bank of Thailand. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (382kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (560kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (988kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (453kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (395kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (536kB)

Abstract

Thanakhan Islam Haeng Prathes Thai (Islamic Bank of Thailand) adalah satu-satunya bank Islam yang berada di Thailand. Mengenai kepatuhan syari’ah terhadap operasional bank harus mengikuti ketentuan syari’ah Islam yang diatur oleh Dewan Penasihat Syari’ah(DPS) sebagai pengawas. Salah satu akad yang disahkan oleh DPS adalah akad bai’al-‘inah, sedangkan ketentuan hukum bai’al-inah masih timbul perdebatan. Rumusan masalah penelitian ini adalah: 1)Bagaimana mekanisme akad bai’al-‘inah di Islamic Bank of Thailand; 2)Sumber hukum apa yang digunakan oleh DPS dalam istinbath hukum akad bai’al-‘inah; 3)Metodologi apa yang digunakan oleh DPS dalam istinbath hukum akad bai’al-‘inah; dan 4)Bagaimana implikasi penerapan akad bai’al-‘inah bagi masyarakat Patani Thailand Selatan. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk menganalisis: 1)Mekanisme akad bai’al-‘inah; 2)Sumber hukum yang digunakan DPS dalam mengistinbatkan hukum akad bai’al-‘inah; 3)Metodologi istinbath hukum DPS; dan 4)Implikasi penerapan akad bai’al-‘inah. Penelitian ini menggunakan teori konsep akad bai’al-‘inah dan metodologi istinbath hukum dalam Islam. Penelitian ini, merupakan penelitian kualitatif, sedangkan metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian yuridis normatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data-data penulis menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi literatur yang mempunyai relevansi dengan penelitian ini, di mana setelah data terkumpul penulis menggunakan teknik analisis data deskriptif dan teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa: 1)Mekanisme akad bai’al-‘inah di Islamic Bank of Thailand, yang berlaku bagi nasabah yang membutuhkan dana untuk konsumsi dan investasi perusahaan, maka bank akan menjual surat obligasi kepada nasabah dengan pembayaran secara tangguh, kemudian bank akan membeli kembali surat obligasi tersebut, dengan harga yang lebih rendah dengan pembayaran secara tunai, hal tersbut telah sesuai dengan konsep bai’al-‘inah; 2)Sumber hukum yang digunakan oleh DPS membolehkan akad bai’al-‘inah, berdasarkan dalil ayat al-Qur’an lafadz Amm yang menghalalkan jual beli, akan tetapi DPS tidak menggunakan dalil Khas dari hadits yang mengharamkan bai’al-‘inah; 3)Metodologi yang digunakanya adalah al-Mashlahah al-Mursalah; dan 4)Implikasi penerapan akad bai’al-‘inah bagi masyarakat berdampak prositif karena, produk yang dikeluarkan oleh Islamic Bank of Thailand tersebut, telah sesuai dengan ajaran dan keyakinan agama yang dianut menyebabkan minat masyarakat sangat tinggi.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Islamic Bank of Thailand ; Dewan Penasihat Syari’ah ; istinbath; bai’al-‘inah.
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Hukum Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Zulfa Sofyani Putri
Date Deposited: 12 Dec 2018 03:57
Last Modified: 12 Dec 2018 07:16
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/17366

Actions (login required)

View Item View Item