Izzan, Ahmad and Saehudin, Saehudin (2016) Hadis Pendidikan (Konsep Pendidikan Berbasis Hadis). Humaniora, Bandung. ISBN 979-778-280-1
|
Text (Full Text)
Hadist_Pendidikan_jadi (1).pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
Abstract
Beberapa waktu yang lalu, alhamdulilah, kami sudah menerbitkan buku Tafsir Pendidikan: Konsep Pendidikan Berbasis Al Quran. Untuk melengkapi buku tersebut, kini kami terus berikhtiar untuk menerbitkan buku yang menjadi pelengkapnya, yaitu Hadis Pendidikan: Konsep Pendidikan Berbasis Hadis. Hadis pendidikan, di beberapa perguruan tinggi lazim disebut Hadis Tarbawi, diajarkan di banyak perguruan tinggi, khususnya Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI).Di sisi lain, masih belum banyak buku yang mengulas masalah ini. Maka, dengan segala ikhtiar yang kami lakukan, kami berusaha untuk dapat menerbitkan buku yang dimaksud. Dengan tujuan, buku ini mampu menjembatani kebutuhan mahasiswa terhadap sumber bahan ajar, dan dosen yang menjadi pengampuh matakuliah tersebut. Secara umum, kompetensi dasar (KD) yang menjadi titik berat dan harus dikuasai oleh mahasiswa terhadap matakuliah ini adalah mereka memahami hadis-hadis yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan, pendidikan diri, pendidikan anak, pendidikan keluarga, pendidikan masyarakat, metode pendidikan dan hubungan guru dan siswa. Sementara itu, ada pula indikator kompetensi (IK) yang mencakup beberapa hal: menjelaskan isi kandungan hadis yang berkaitan dengan ilmu dan pengetahuan; menjelaskan isi kandungan hadis yang berkaitan dengan materi dan metode pendidikan; menjelaskan isi kandungan hadis yang berkaitan dengan etika guru dan siswa; serta menjelaskan isi kandungan hadits yang berkaitan denan pendidikan diri, keluarga, dan masyarakat. Buku ini dibagi dalam tiga belas bab. Bab 1 tentang Metode Memahami Hadis; Bab 2 tentang Nabi Muhammad Saw. sebagai Seorang Pendidik; Bab 3 tentang Konsep Pendidikan dalam Dimensi Hadis; Bab 4 tentang Pemerolehan Ilmu Pengetahuan dalam Dimensi Hadis; Bab 5 tentang Pendidik dalam Dimensi Hadis; Bab 6 tentang Peserta Didik dalam Dimensi Hadis; Bab 7 tentang Metode Pembelajaran dalam Dimensi Hadis; Bab 8 tentang Kurikulum dalam Dimensi Hadis; Bab 9 tentang Motivasi Belajar dalam Dimensi Hadis; Bab 10 tentang Evaluasi Pendidikan dalam Dimensi Hadis; Bab 11 tentang Pendidikan Akidah dan Pembentukan Karakter; Bab 12 tentang Pendidikan Akhlak dan Pembentukan Karakter; dan Bab 13 tentang Hadis-Hadis tentang Pendidikan.Dari sisi topik, buku ini membahas banyak topik di seputar pendidikan, antara lain, hadis tentang ilmu pengetahuan dan keutamaan orang yang berilmu; kewajiban menuntut ilmu pengetahuan; ruang lingkup pendidikan Islam; metode pendidikan Islam; kewajiban orang tua terhadap anak; kewajiban anak terhadap orang tua; materi pendidikan; etika guru terhadap siswa; etika siswa terhadap guru; pendidikan diri, pendidikan anak; pendidikan keluarga; dan pendidikan masyarakat.Dengan topik seperti itu, buku ini tidak hanya layak digunakan dan dijadikan sebagai sumber referensi bagi kalangan mahasiswa, tapi kalangan nonmahasiswa, seperti aktivitas masjid, para dai, atau siapa pun yang berminat mendalami hadis Rasulullah Saw. Kami berharap, kehadiran buku tidak saja menjadi sumber pembuka amal kebaikan bagi kami, tapi juga memotivasi kaum Muslim untuk menjadikan hadis sebagai referensi penting dalam menjalankan kehidupan agar selamat di dunia dan akhirat.
Item Type: | Book |
---|---|
Subjects: | Islam > Islamic Religious Education Al-Hadits dan yang Berkaitan > Ilmu Hadits |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Program Studi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir |
Depositing User: | Ahmad Izzan |
Date Deposited: | 30 Jan 2019 02:07 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 02:10 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/17344 |
Actions (login required)
View Item |