Analisis Bahan Ajar Ikatan Kimia pada Buku Teks SMA Berdasarkan Kriteria Keterhubungan Representasi Kimia

Ratna Puri Rahayu, Ratna (1210208074) (2014) Analisis Bahan Ajar Ikatan Kimia pada Buku Teks SMA Berdasarkan Kriteria Keterhubungan Representasi Kimia. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (110kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (102kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB)

Abstract

Konsep ikatan kimia merupakan konsep dasar yang harus dipahami oleh siswa. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsep ikatan kimia sulit dipahami karena konsepnya bersifat abstrak dengan contoh konkrit. Salah satu cara yang dapat membantu siswa untuk memahami konsep ikatan kimia adalah penggunaan representasi. Analisis bahan ajar ikatan kimia pada buku teks dilakukan mengingat fungsi buku teks sebagai sumber informasi kedua setelah guru. Analisis dilakukan terhadap tiga buku teks yaitu satu buku teks standar dan dua buku teks SMA yaitu buku teks A dan buku teks B. Penelitian deskriptif dilakukan untuk mengetahui konten ikatan kimia dan keterhubungan representasi yang digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep kunci yang dibahas pada buku teks standar memiliki kesesuaian dengan standar isi, kecuali konsep kunci ikatan kovalen koordinasi yang dibahas pada bab berbeda, konten dibahas secara mendalam dan luas, memiliki keseuaian dengan hirarki konsep dan representasi yang digunakan memiliki kriteria keterhubungan yang baik. Konsep kunci yang dibahas pada buku teks A sebagian besar sesuai dengan standar isi, terdapat susunan konsep yang tidak sesuai dengan hirarki konsep, menggunakan istilah yang kurang tepat dan representasi yang digunakan sebagian besar memiliki jenis tipologi simbolik (R1), implisit (R2), sepenuhnya terkait dan tidak terhubung (R3), tidak ada keterangan gambar (R4) dan cukup terhubung (R5). Konsep kunci yang dibahas pada buku teks B memiliki kesesuaian dengan standar isi, konten yang dibahas kurang mengelaborasi, terdapat penggunaan istilah yang kurang tepat dan representasi yang digunakan sebagian besar mamiliki jenis tipologi submikroskopik (R1), implisit (R2), sebagian terkait dan tidak terhubung (R3) dan adanya keterangan yang sesuai (R4).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: analisis bahan ajar, ikatan kimia, buku teks kimia, keterhubungan representasi kimia
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Chemistry and Allied Science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 11 not found.
Date Deposited: 31 May 2016 03:43
Last Modified: 03 Jun 2016 10:12
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/1733

Actions (login required)

View Item View Item