Analisis Hukum Ekonomi Syariah Terhadap Sistem Transaksi Online Valuta Asing Pada Komunitas Trader Go Green Trading Sistem Bandung

Amri, Ulil (2017) Analisis Hukum Ekonomi Syariah Terhadap Sistem Transaksi Online Valuta Asing Pada Komunitas Trader Go Green Trading Sistem Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK1.pdf

Download (481kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (473kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (379kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (435kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh transaksi valuta asing yang dilaksanakan oleh komunitas trading Go Grand Trading Sistem (GGTS) secara online, sistem transaksi valuta asing tersebut memiliki sejumlah praktek yang memerlukan analisis Hukum Ekonomi Syariah yang secara substansi, praktik transaksi valuta asing di GGTS menggunakan mekanisme dunia maya yang mempertemukan antara penjual dan pembeli melalui piranti internet yang diperantarai oleh agen, tidak bertemu secara langsung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sistem transaksi valuta asing yang dilakukan oleh GGTS secara online (e-commerce) apakah termasuk dalam kategori akad sharf yang ketentuan dan persyaratannya diatur berdasarkan rukun dan syarat. Metode penelitian yang digunakan dalam pembahasan penulisan menggunakan pendekatan yuridis normatif (legal research) yaitu sumber data penulisan diperoleh dari para pelaku usaha trading yang bergabung di komunitas traderGGTS dengan jenis data berupa data primer dan data sekunder. Penelitian ini menemukan bahwa transaksi yang dilakukan oleh para pelaku usaha trading yang bergabung dikomunitas GGTS adalah bentuk terobosan baru dalam sistem transaksi valuta asing yang dilakukan secara online (e-commerce) dan sistem transaksi yang dilaksanakan oleh GGTS termasuk dalam kategori akad sharf yang ketentuan dan persyaratannya diatur berdasarkan rukun dan syarat. Kesimpulan penelitian ini, bahwa dalam metode sistem transaksi valuta asing memiliki beberapa mekanisme metode transaksi GGTS yaitu; (1) registrasi-syarat mengikuti pelatihan;(2) mengikuti pelatihan;(3) meilih broker yang sudah disarankan;(4) trading akun demo; (5) trading akun real; dan (6) melakukan bimbingan dan malaporkan hasil trading secara berkala. Kemudian dasar hukum perdagangan valuta asing sudah diatur dalam Undang- undang Nomor 32 Tahun 1997 Tentang perdagangan Berjangka Komoditi, khususnya bab VII yang mengatur mengenai ketentuan yang bersifat umum, kelembagaan, perizinan, mekanisme perdagangan, pembukuan/pelaporan dan penerapan hukum. Berdasarkan hukum ekonomi syariah sistem transaksi yang dilaksanakan oleh GGTS termasuk dalam kategori akad sharf yang ketentuan dan persyaratannya diatur berdasarkan rukun dan syarat. Adapaun rukunnya yaitu; (1) adanya pelaku akad - penjual (ba’i) pembeli (musytari), (2) objek akad – sharf (valuta). Kemudian syaratnya yaitu (1) serah terima antara kedua pihak sebelum berpisah diri, (2) adanya kesamaan ukuran jika kedua barang satu jenis (tamâtsul), (3) terbebas dari hak khiyaar dan syarat, dan (4) akad dilakukan secara kontan (tidak boleh ada penangguhan). Secara substansi hukum pelaksanaan transaksi menganut kepada bentuk mata uang yang memiliki beda nilai.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Hukum Syariah; Valas
Subjects: Islam > Islam and Economics
International Commerce, Foreign Trade
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Hukum Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Zulfa Sofyani Putri
Date Deposited: 11 Dec 2018 03:47
Last Modified: 12 Dec 2018 02:41
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/17315

Actions (login required)

View Item View Item