Penerapan model pembelajaran creative problem solving (CPS) untuk mengembangkan kemampuan berpikir kreatif pada materi korosi

Haris, Muhamad (2017) Penerapan model pembelajaran creative problem solving (CPS) untuk mengembangkan kemampuan berpikir kreatif pada materi korosi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (368kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (521kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (657kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (307kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB)

Abstract

Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) merupakan model pembelajaran yang dapat mengembangkan kemampuan berpikir kreatif, hal ini dikarenakan materi korosi pada pembelajaran kimia dalam prosesnya membutuhkan kemampuan berpikir kreatif. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan aktivitas mahasiswa ketika proses pembelajaran, menganalisis kemampuan mahasiswa dalam menyelesaikan kembar kerja dan mengembangkan kemampuan berpikir kreatif. Metode yang digunakan adalah one shot case study dengan sampel mahasiswa pendidikan kimia semester II kelas B berjumlah 41 orang. Data penelitian diperoleh dari lembar observasi, Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) dan tes kemampuan berpikir kreatif. Hasil penelitian yang didapat pada lembar observasi yaitu rata-rata persentase sebesar 97,84% dengan interprestasi sangat baik. Hasil yang didapat pada Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) yaitu rata-rata 89,67 dengan interprestasi sangat baik. Hasil yang didapat pada tes kemamapuan berpikir kreatif yaitu rata-rata 82,54% dengan interprestasi sangat baik. Ketercapaian hasil penelitian yang cukup baik ini dikarenakan materi korosi yang disampaikan dapat di implementasikan dengan model pembelejaran Creative Problem Solving (CPS), sehingga kemampuan berpikir kreatif yang dimiliki mahasiswa dapat dikembangkan. Dengan demikian pembelajaran Creative Problem Solving ini dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif pembelajaran untuk mengembangkan kemampuan berpikir kreatif pada mahasiswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan berpikir kreatif; model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS); materi korosi;
Subjects: Chemistry and Allied Science > Research and Statistical Methods of Chemistry
Analytical Chemistry > Qualitative Analysis, Quantitavie Analysis of Chemistry
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 07 Dec 2018 12:02
Last Modified: 07 Dec 2018 12:02
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/17249

Actions (login required)

View Item View Item