Upaya meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran melalui penerapan metode Bagdadi pada mata pelajaran Quran Hadits: penelitian tindakan kelas terhadap siswa kelas VIII MTs Al-Bazari Lebakwangi Kabupaten Sukabumi

Basit, Muhamad Fikri Abdul (2018) Upaya meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran melalui penerapan metode Bagdadi pada mata pelajaran Quran Hadits: penelitian tindakan kelas terhadap siswa kelas VIII MTs Al-Bazari Lebakwangi Kabupaten Sukabumi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (403kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (539kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (457kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (977kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan membaca Al-Quran siswa MTs Al-Bazari yang masih terbata-bata dalam membaca Al-Quran, sehingga dalam penguasaan aspek-aspek membaca Al-Quran seperti kurang memahami tajwid, kelancaran serta kurang konsisten pada bacaan hukum mad ‘Iwadh, mad Layyin, dan mad ‘Aridh lissukun. Ini disebabkan karena metode yang kurang relevan. Untuk mengatasi masalah tersebut, diajukan metode alternatif yaitu Metode Bagdadi pada mata pelajaran Quran Hadits materi hukum bacaan Mad ‘Iwadh, Mad Layyin, dan Mad ‘Aridh lissukun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Kemampuan siswa membaca Al-Quran sebelum metode bagadadi diterapkan di kelas VIII MTs Al-Bazari Lebakwangi Kabupaten Sukabumi, 2) Proses penerapan metode bagdadi pada siswa kelas VIII MTs Al-Bazari Lebakwangi Kabupaten Sukabumi, 3) Kemampuan siswa membaca Al-Quran setelah metode bagdadi diterapkan di kelas VIII MTs Al-Bazari Lebakwangi Kabupaten Sukabumi. Metode Bagdadi merupakan metode membaca Al-Quran yang mudah dipakai oleh peserta didik. Dalam metode ini terdapat hal-hal menarik yang bisa membuat siswa membaca Al-Quran menjadi lebih mudah, terdapat nadzom yang memakai maqam Al-Quran lagu hijaz, rast dan jiharkah serta materi latihan makharijul huruf, hukum tanwin dan sukun, mad, tasydid, dan materi tajwid lainnya. Metode penelitian yang dipakai peneliti adalah Classroom Action Research atau Penelitian Tindakan Kelas. Adapun langkah-langkah pada penelitian ini terdiri dari 2 siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan datanya menggunakan observasi, dokumentasi dan tes lisan. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa 1) Kemampuan siswa membaca AL-Quran sebelum metode bagdadi diterapkan adalah sebesar 60,16 dibawah KKM 75.00. 2) Proses penerapan metode bagdadi pada siswa kelas VIII MTs Al-Bazari meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi yang telah dilakukan pada setiap siklusnya. 3) Kemampuan siswa membaca Al-Quran setelah metode bagdadi diterapkan pada setiap siklusnya mengalami peningkatan, yaitu dengan nilai rata-rata siswa sebesar 63,86 pada siklus I tindakan I, dan tindakan II sebesar 68,82. Kemudian siklus II tindakan I diperoleh nilai sebesar 75,03 dan tindakan II sebesar 80,35.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Membaca Al-Quran; Penerapan Metode Bagdadi;
Subjects: Religious Education
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: M. Fikri Abdul Basit
Date Deposited: 10 Dec 2018 04:05
Last Modified: 10 Dec 2018 04:05
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/17234

Actions (login required)

View Item View Item