Pengaruh model pembelajaran problem based instruction (PBI) terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi sistem ekskresi manusia: penelitian pada siswa Kelas XI SMA KORPRI Karawang

Al Mujahid, Manarul Hidayat (2017) Pengaruh model pembelajaran problem based instruction (PBI) terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi sistem ekskresi manusia: penelitian pada siswa Kelas XI SMA KORPRI Karawang. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (709kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (656kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB)

Abstract

Tantangan besar yang dihadapi guru biologi saat ini bagaimana membantu anak mengembangkan keterampilan berpikir, melangkah dari pengalaman konkret ke berpikir abstrak yang dapat menghasilkan terobosan baru melalui sebuah desain pembelajaran aktif sesuai dengan konsep biologi itu sendiri. Model pembelajaran PBI digunakan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan memecahkan masalah, serta mendapat pengetahuan konsep-konsep penting. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan proses pembelajaran dengan model pembelajaran PBI, menganalisis keterampilan berpikir kritis siswa dengan model pembelajaran PBI dan tanpa model pembelajaran PBI, menganalisis pengaruh model pembelajaran PBI, dan menganalisis respon siswa terhadap model pembelajaran PBI. Metode penelitian Quasi Experimental dengan desain penelitian Control Group Design. Penelitian dilaksanakan di kelas XI SMA KORPRI Karawang. Kelas yang digunakan yaitu kelas XI IPA 1 dengan model pembelajaran PBI dan kelas XI IPA 2 tanpa model pembelajaran PBI. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis pada pretest dan posttest. Analisis data penelitian meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan keterlaksanaan model pembelajaran PBI memperoleh nilai aktivitas guru pada kelas model pembelajaran PBI sebesar 95% dan aktivitas siswa 93%, keduanya memiliki kriteria sangat baik. Keterampilan berpikir kritis siswa model pembelajaran PBI nilai tes akhir sebesar 77,91 dengan kualifikasi baik dan N-Gain sebesar 0,65 dengan kualifikasi sedang. Pada kelas tanpa model pembelajaran PBI diperoleh tes akhir 70,43 dengan kualifikasi cukup dan N-Gain sebesar 0,60 kualifikasi sedang. Data posttest menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu 4,65 > 2,03 sehingga Ho ditolak, Ha diterima. Respon siswa model pembelajaran PBI sebesar 3,72 kualifikasi tinggi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan model pembelajaran PBI berpengaruh positif dan signifikan terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi sistem ekskresi manusia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Instructur; Ekstresi; Manusia;
Subjects: Education > Research and Statistical Methods
Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 07 Dec 2018 12:21
Last Modified: 07 Dec 2018 12:21
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/17200

Actions (login required)

View Item View Item