Pengaruh current ratio, net profit margin, return on equity terhadap pertumbuhan laba: studi pada Perusahaan Sektor Property dan Real Estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2012-2016

Mauludin, Fuad (2018) Pengaruh current ratio, net profit margin, return on equity terhadap pertumbuhan laba: studi pada Perusahaan Sektor Property dan Real Estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2012-2016. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (452kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (653kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (861kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB) | Request a copy

Abstract

Fenomena yang melatar belakangi adanya penelitian ini adalah terdapat perbedaan dari penelitian terdahulu pada pertumbuhan laba. Current ratio yang tidak sesuai dengan apa yang ditargetkan perusahaan, net profit margin dan return on equity perusahaan sudah baik dalam mengelolanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh current ratio, net profit margin dan return on equity terhadap pertumbuhan laba yang listing di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2012-2016 baik secara parsial (satu-satu) maupun secara simultan (bersama-sama). Periode penelitian dimulai dari tahun 2012-2016. Penelitian ini menggunakan beberapa teori mengenai rasio-rasio keuangan perusahaan yang dikutip dari Irham Fahmi dalam bukunya Analisis Laporan Keuangan, Pengantar Manajemen Keuangan diambil dari Irham Fahmi, Analisis Laporan Keuangan diambil dari Kasmir, Suad Husnan dan Enny Pudjiastuti dalam bukunya dasar-dasar manajemen keuangan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif perifikatif, dengan pendekatan kuantitatif yang menggunakan data historis berupa data panel. Teknik pengampilan sampel menggunakan purposive sampling yang menghasilkan 4 perusahaan dari 51 perusahaan atau populasi. Dengan menggunakan regresi data panel dapat disimpulkan bahwa hasil pengujian secara parsial (uji t) menunjukan current ratio (CR) berpengaruh negatif sebesar -1,467, net profit margin (NPM) berpengaruh positif sebesar 2,257, dan return on equity (ROE) berpengaruh negatif sebesar -2,553 terhadap pertumbuhan laba pada perusahaan Property dan Real Estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2012-2016. Kemudian hasil pengujian secara simultan (uji f) menunjukan current ratio (CR), net profit margin (NPM) dan return on equity (ROE) secara simultan berpengaruh signifikan sebesar 2,33 terhadap pertumbuhan laba yang listing di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2012-2016. Berdasarkan hasil uji koefisien determinasi menunjukan nilai (R-square) pada perusahaan sektor Property dan Real Estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2012-2016 sebesar 30,46%. Hal ini berarti 30,46% variabel dependen dapat dijelaskan oleh variabel independen, sedangkan sisanya 69,54% dipengaruhi oleh faktor lain diluar variabel yang diteli ti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Current Ratio; Net Profit Margin; Return On Equity; Pertumbuhan Laba;
Subjects: General Management
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: hafid hafid fuad
Date Deposited: 05 Dec 2018 07:27
Last Modified: 05 Dec 2018 07:27
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/17178

Actions (login required)

View Item View Item