Pengaruh jumlah profit margin dan jumlah uang beredar pada produk pembiayaan Murabahah terhadap tingkat pendapatan PT Bank Muamalat Indonesia Tbk

Ramdan, Deden (2014) Pengaruh jumlah profit margin dan jumlah uang beredar pada produk pembiayaan Murabahah terhadap tingkat pendapatan PT Bank Muamalat Indonesia Tbk. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (539kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (944kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (414kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (643kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (102kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB)

Abstract

PT Bank Muamalat Indonesia, Tbk merupakan salah satu Bank Syariah di Indonesia yang menjalankan konsep murabahah, yaitu akad jual beli barang dengan menyatakan harga perolehan dan keuntungan (margin) disepakati oleh penjual dan pembeli. Profit Margin Murabahah sangat penting dalam perbankan syariah, Perbankan syariah tidak bisa lepas dari produk-produk perbankan syariah. Pembiayaan Murabahah merupakan produk pembiayaan perbankan syariah yang paling dominan dalam mengembangkan produknya perbankan syariah dituntut untuk selalu berpedoman pada Al-Quran dan Al-Hadist. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis seberapa besar pengaruh jumlah profit margin dan jumlah uang beredar pada produk pembiayaan murabahah terhadap tingkat pendapatan PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk baik secara parsial maupun secara simultan. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda dengan faktor-faktor yang diteliti adalah Jumlah Profit Margin dan Jumlah Uang Beredar secara signifikan mempengaruhi terhadap Tingkat Pendapatan Bank Muamalat Indonesia Tbk, baik secara parsial maupun secara simultan, hal tersebut dapat dilihat dari hasil uji statistik yang menunjukan bahwa : 1. Jumlah profit margin berpengaruh terhadap Tingkat pendaparan Bank, dilihat pada nilai thitung > ttabel yaitu 3,102 > 2,042, 2. Jumlah uang beredar berpengaruh terhadap Tingkat pendapatan Bank, dilihat pada thitung > ttabel yaitu 4,886 > 2,042, 3. Secara keseluruhan (Uji F) jumlah profit margin dan Jumlah uang beredar berpengaruh terhadap Tingkat pendapatan Bank, dilihat dari Fhitung > Ftabel yaitu 163,473 > 4,17, dengan nilai R2 nya sebesar 91,9%.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Profit Margin; Uang Beredar; Pembiayaan Murabahah dan Tingkat Pendapatan Bank
Subjects: Financial Economics, Finance > Value of Money
Macroeconomics and Related Topics > Distribution of Income and Wealth
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Ekonomi Islam
Depositing User: Zulfa Sofyani Putri
Date Deposited: 05 Dec 2018 02:23
Last Modified: 23 Jun 2022 02:04
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/17156

Actions (login required)

View Item View Item