Penerapan media poster untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaraan aqidah akhlak pokok bahasan indahnya berperilaku terpuji: penelitian di kelas IV MI AL-Hikmah Cikoneng Kecamatan Bojongsoang Kabupaten Bandung

Fauziah, Indriyani (2018) Penerapan media poster untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaraan aqidah akhlak pokok bahasan indahnya berperilaku terpuji: penelitian di kelas IV MI AL-Hikmah Cikoneng Kecamatan Bojongsoang Kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_ bab I.pdf

Download (417kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_ bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (511kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3 (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (584kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka ok.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya permasalahan yang terdapat pada pembelajaran Aqidah Akhlak di MI AL-Hikmah Bojongsoang Kabupaten Bandung, bahwa kegiatan pembelajaran masih kurang aktif. hal ini disebabkan karna pembelajaran yang tidak menggunakan media hanya menggunakan buku paket saja, sehingga mengakibatkan kurangnya aktivitas belajar pada siswa. Salah satu upaya yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan menerapkan pembelajaran menggunakan media Poster. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui aktivitas belajar peserta didik sebelum menggunakan media Poster pada mata pelajaran Aqidah Akhlak pokok bahasan membiasakan akhlak terpuji di kelas IV MI Alhikmah Cikoneng 2) Untuk mengetahui penerapan media Poster pada mata pelajaran Aqidah Akhlak pokok bahasan membiasakan akhlak terpuji di kelas IV 3)Untuk mengetahui aktivitas belajar peserta didik setelah menggunakan media Poster pada mata pelajaran Aqidah Akhlak pokok bahasan Membiasakan Akhlak terpuji kelas IV. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa aktivitas belajar siswa sangatlah penting dalam proses pembelajaran. Aktivitas belajar siswa dapat mempengaruhi proses pembelajaran dan hasil pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut maka hipotesis yang diajukan adalah penggunaan media Poster diduga dapat meningkatkan aktivitas belajara siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan melalui II siklus dan setiap siklusna terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, studi dokumentasi. Analisis datanya dilakukan dengan menggunakan deskriptif untuk data kualitatif, dan menggunakan statistika untuk data kuantitatif. Berdasarkan analisis data, diperoleh simpulan bahwa 1) aktivitas belajar siswa sebelum menggunakan media Poster memperoleh nilai 36,51% dengan kualifikasi cukup, aktivitas mengajar guru sebelum menggunakan media memperoleh nilai 80% dengan kualifikasi sangat aktif. 2) Penerapan media Poster berjalan dengan baik sesuai dengan tahapannya. 3) hasil penelitian aktivitas belajar siswa siklus 1 memperoleh nilai 51,65% dengan kualifikasi cukup, aktivitas mengajar guru pada siklus 1 memperoleh nilai 80% dengan kualifikasi sangat aktif, dan hasil penelitian aktivitas belajar siswa pada siklus 2 memperoleh nilai 70,79% dengan kualifikasi aktif, hasil penelitian aktivitas guru memperoleh nilai 95% dengan kualifikasi sangat aktif. Dengan demikian, media Poster dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran Aqidah Akhlak materi Indahnya berperilaku terpuji.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Media; aktivitas belajar;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: IndriYani Fauziah
Date Deposited: 05 Dec 2018 06:54
Last Modified: 05 Dec 2018 06:54
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/17155

Actions (login required)

View Item View Item