Pengaruh program kegiatan pembinaan pesantren sholehah terhadap self monitoring pada narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Sukamiskin

Fatmawati, Indah (2017) Pengaruh program kegiatan pembinaan pesantren sholehah terhadap self monitoring pada narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Sukamiskin. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB 1 FIX.pdf

Download (531kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB 2 FIX.pdf
Restricted to Registered users only

Download (786kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB 3 FIX.pdf
Restricted to Registered users only

Download (619kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (827kB)
[img] Text (BAB V)
8_BAB V Simpulan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB)

Abstract

Banyak peristiwa kriminalitas di masyarakat yang dilakukan oleh para mantan narapidana. Sebagian besar dari mereka kembali masuk penjara dengan kejahatan yang sama bahkan lebih dari kejahatan yang pernah mereka lakukan. Sedangkan menurut data base lembaga pemasyarakatan (lapas) menyatakan jumlah narapidana di Jawa Barat tahun 2016 adalah 15.931 kemudian meningkat menjadi 17.208 di tahun 2017. Peningkatan jumlah narapidana menimbulkan pertanyaan mengenai keberhasilan program di dalam lembaga pemasyarakatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh salah satu program pembinaan yakni program pembinaan pesantren solehah terhadap self-monitoring pada narapidana wanita di lembaga pemasyarakatan sukamiskin Bandung. Self-monitoring merupakan konsep yang berhubungan dengan konsep pengaturan kesan (impression management) atau konsep pengaturan diri. Penelitian ini menggunakan metode quasi experiment Interrupted Time Series Design, dengan program pembinaan pesantren solehah sebagai variable bebas dan self-monitoring sebagai variable terikat. Pengumpulan data melalui quesuioner skala self-monitoring yang telah dikembangkan dari Mark Synder. Dalam penelitian eksperimen ini berfokus pada pemberian program kegiatan pesantren solehah. Oleh karena itu, dari jumlah keseluruhan 508 narapidana ukuran sampel yang diambil sebanyak 30 orang dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik sampling jenuh digunakan karena jumlah narapidana yang aktif mengikuti program tersebut relative kecil yaitu hanya sebanyak ≤ 30 orang. Adapun teknik analisis data menggunakan uji one way ANOVA dan T-test dikarenakan membandingkan hasil rata-rata antara respon 1, ke 2, ke 3, dan ke 4 selama satu bulan dengan 4 kali pengambilan data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa hipotesis diterima, yakni terdapat pengaruh program pesantren solehah terhadap self-monitoring pada narapidana wanita di lembaga pemasyarakatan wanita kelas II A Sukamiskin Bandung. Pesantren solehah utamanya dapat mempengaruhi aspek self-monitoring terhadap kemampuan dalam mengontrol perilaku dan modifikasi perilaku pada narapidana.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: narapidana; self-monitoring; program pembinaan pesantren solehah;
Subjects: Education > Psychology of Education
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 04 Dec 2018 08:10
Last Modified: 04 Dec 2018 08:10
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/17145

Actions (login required)

View Item View Item