Pengaruh pendapatan margin murabahah dan beban bonus wadiah terhadap laba operasional pada Bank BRI Syariah Periode 2014-2016

Ikhsan, Ridwan Al (2018) Pengaruh pendapatan margin murabahah dan beban bonus wadiah terhadap laba operasional pada Bank BRI Syariah Periode 2014-2016. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (262kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (606kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (450kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (840kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB) | Request a copy

Abstract

Pendapatan margin murabahah didapat dari pembiayaan murabahah. Pembiayaan murabahah adalah akad jual beli barang pada harga asal dengan tambahan keuntungan yang telah disepakati antara pihak bank dengan nasabah. Pendapatan dari pembiayaan murabahah berupa margin. Margin atau keuntungan merupakan nilai yang diperoleh atas transaksi jual beli, yaitu transaksi murabahah. Beban bonus wadiah adalah balas jasa yang diberikan oleh bank syariah kepada nasabah pemegang rekening tabungan wadiah, bank syariah memberikan balas jasa berupa bonus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pendapatan margin murabahah terhadap laba operasional, seberapa besar pengaruh beban bonus wadiah terhadap laba operasional, dan seberapa besar pengaruh pendapatan margin murabahah dan beban bonus wadiah terhadap laba operasional di Bank Rakyat Indonesia Syariah Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan berupa angka yang diperoleh dari laporan keuangan Bank Rakyat Indonesia Syariah yang telah dipublikasi. Teknik penelitian yang digunakan adalah analisis regresi sederhana dan berganda, analisis korelasi parsial dan simultan, analisis koefisien determinasi, uji t dan uji f. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwea secara parsial, pendapatan margin murabahah berpengaruh signifikan terhadap laba operasional. Dibuktikan dengan hasil pengujian statistic yang menunjukkan thitung > ttabel atau 2,4365 > 2,228, kemudian hasil penelitian juga menunjukkan bahwa secara parsial beban bonus wadiah tidak berpengaruh signifikan terhadap laba operasional, dibuktikan dengan hasil pengujian statistik yang menunjukkan thitung < ttabel atau 1,999 < 2,228. Sedangkan secara simultan pendapatan margin murabahah dan beban bonus wadiah tidak berpengaruh terhadap laba operasional. Dibuktikan dengan hasil pengujian statistik yang menunjukkan fhitung < ftabel atau 2,679 < 4,26.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: pengaruh pendapatan margin murabahah; beban bonus wadiah; laba operasional;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
General Management
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Ridwan Al Ikhsan
Date Deposited: 03 Dec 2018 03:58
Last Modified: 03 Dec 2018 03:58
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/17116

Actions (login required)

View Item View Item