Pengaruh ekstrak azolla pinnata terhadap pertumbuhan dan kandungan lipida mikroalga nannochloropsis oculata

Maryam, Resty (2015) Pengaruh ekstrak azolla pinnata terhadap pertumbuhan dan kandungan lipida mikroalga nannochloropsis oculata. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (326kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (769kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (378kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (414kB)
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (463kB)

Abstract

Nannochloropsis oculata merupakan salah satu jenis mikroalga yang memiliki kandungan lipida yang cukup tinggi mencapai 31-68% berat kering, oleh karena itu mikroalga jenis ini cukup potensial dijadikan sumber bahan bakar hayati (biofuel) untuk dibuat menjadi biodisel. Kandungan lipida pada mikroalga dapat ditingkatkan dalam kondisi stress. Ekstrak Azolla pinnata dapat mengakibatkan kondisi stress pada mikroalga karena mengandung logam berat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ekstrak Azolla pinnata pada konsentrasi yang optimal terhadap pertumbuhan, kadar lipida, biomassa dan konsentrasi klorofil. Strain mikroalga Nannochloropsis oculata didapatkan dari Laboratorium Pusat Penelitian Oseanografi LIPI Jakarta. Rancangan penelitian menggunakan rancangan acak lengkap dengan 6 perlakuan dan 4 ulangan terdiri dari 24 unit percobaan. Konsentrasi ekstrak Azolla pinnata yang diberikan yaitu 0 ml/L (kontrol), 4 ml/L, 6 ml/L, 8 ml/L, 10 ml/L dan 12 ml/L. Perlakuan ekstrak Azolla pinnata berpengaruh secara nyata terhadap kerapatan sel, laju pertumbuhan spesifik serta konsentrasi klorofil. Tetapi tidak berpengaruh secara nyata terhadap biomassa dan kadar lipida mikroalga Nannochloropsis oculata. Konsentrasi optimum ekstrak Azolla pinnata 0 ml/L menghasilkan kerapatan tertinggi, laju pertumbuhan tertinggi, konsentrasi klorofil tertinggi. Sedangkan konsentrasi optimum untuk menghasilkan biomassa tertinggi yaitu perlakuan ekstrak Azolla pinnata 4 ml/L dan konsentrasi optimum untuk menghasilkan kadar lipida tertinggi yaitu perlakuan ekstrak Azolla pinnata 6 ml/L. Ekstrak Azolla pinnata dapat menurunkan pertumbuhan dan dapat meningkatkan kadar lipida mikroalga Nannochloropsis oculata.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Azolla pinnata; biomassa; kadar lipida; konsentrasi klorofil; Nannochloropsis oculata; pertumbuhan;
Subjects: Biology
Physiology > Tissue Biology and Regional Physiology
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Biologi
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 29 Nov 2018 03:18
Last Modified: 29 Nov 2018 03:18
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/17053

Actions (login required)

View Item View Item