Penerapan model problem based instruction untuk meningkatkan pemahaman matematik siswa pada pokok bahasan bangun datar: PTK di kelas IV MIT Ar-Rifqi Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung

Fauziah, Neneng Imas (2018) Penerapan model problem based instruction untuk meningkatkan pemahaman matematik siswa pada pokok bahasan bangun datar: PTK di kelas IV MIT Ar-Rifqi Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (199kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (713kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil studi pendahuluan dalam proses pembelajaran matematika di kelas IV MIT Ar-Rifqi Cileunyi Bandung, bahwa pembelajaran berlangsung cenderung berpusat pada guru, proses pembelajaran masih menggunakan ceramah, pemahaman matematik siswa kurang, antusias belajar matematika rendah, model yang digunakan kurang tepat, akibatnya pemahaman matematik siswa rendah dan hanya 45% yang mecapai nilai KKM (60). Tujuan penelitian ini diarahkan untuk mengetahui: (1) pemahaman matematik siswa pada pokok bahasan bangun datar sebelum menggunakan model Problem Based Intruction, (2) pelaksanaan pembelajaran siswa ketika menggunakan model Problem Based Intruction, (3) pemahaman matematik siswa setelah menggunakan model pada setiap siklus. Penerapan model Problem Based Intruction merupakan model pemecahan masalah yang mampu membuat siswa aktif dalam kegiatan pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman matematik. Dalam penerapannya model Problem Based Intruction dapat membantu siswa menemukan suatu konsep, membantu siswa peka dan kritis terhadap apa yang dihadapi, membuat siswa menjadi kreatif serta terbuka dan dapat bekerjasama. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan lembar observasi guru dan siswa serta tes formatif yang digunakan setiap siklus. Siswa yang dijadikan objek penelitian ini adalah kelas IV MIT Ar-Rifqi Kecamatan Cileunyi yang berjumlah 22 siswa. Hasil pemahaman matematik siswa siswa sebelum menggunakan model Problem Based Intruction diperoleh nilai rata-rata sebesar 60,4 (sedang) dengan persentase 45%. Adapun gambaran proses pemebelajaran ketika menggunakan model Problem Based Intruction dilihat dari aktivitas guru dan siswa, persentase aktivitas guru siklus I pertemuan pertama 62% (cukup), persentase aktivitas guru siklus I pertemuan kedua 75% (cukup), dan siklus II sebesar 87% (sangat baik). Demikian pula aktivitas siswa pada siklus I pertemuan pertama 61%(cukup), pertemuan kedua sebesar 75% (cukup), dan siklus II sebesar 77% (baik). Sedangkan hasil pemahaman matematik siswa seterlah menggunakan model Problem Based Intruction siklus I menunjukkan persentase 59% dengan nilai rata-rata 66,3 (tinggi), siklus II dengan nilai rata-rata 72,8 dengan persentase 81% (sangat tinggi). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Intruction dapat meningkatkan pemahaman matematik siswa di kelas IV MIT Ar-Rifqi Kecamatan Cileunyi Kota Bandung pada pokok bahasan bangun datar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: pemahaman matematik siswa; problem based intruction;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
General Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: neneng imas fauziah
Date Deposited: 08 Feb 2019 02:04
Last Modified: 08 Feb 2019 02:04
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/16966

Actions (login required)

View Item View Item