Pengembangan bahan ajar berbasis model GI (Group Investigation) pada materi sistem pernapasan: penelitian research and development pada siswa/siswi kelas VIII MTs Ar-Raudloh Kab. Bandung

Rusdiansyah, Rusdi (2018) Pengembangan bahan ajar berbasis model GI (Group Investigation) pada materi sistem pernapasan: penelitian research and development pada siswa/siswi kelas VIII MTs Ar-Raudloh Kab. Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (443kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (775kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (525kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (725kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian dan pengembangan bahan ajar dilakukan untuk dapat menjawab atau memecahkan masalah ataupun kesulitan belajar siswa serta sebagai pelengkap belajar mengajar di kelas. Tujuan penelitian dan pengembangan ini yaitu untuk mendeskripsikan kelayakan bahan ajar berbasis model GI (Group Investigation) pada materi sistem pernapasan, mendeskripsikan hasil uji validasi bahan ajar berbasis model GI pada materi sistem pernapasan, mendeskripsikan respon siswa terhadap bahan ajar berbasis model GI pada materi sistem pernapasan kelas VIII MTs serta mengetahui efektivitas bahan ajar berbasis model GI pada materi sistem pernapasan terhadap hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode research and development dengan model penelitian 3D yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), dan develop (pengembangan). Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan Teknik sampling purposive yaitu sebanyak 1 kelas 27 siswa dari kelas VIII C. Pada tahap pengembangan validasi bahan ajar dilakukan oleh ahli desain, ahli materi dan guru IPA Mts Ar-Raudloh diperoleh hasih validasi sebesar 70,9% dengan kriteria valid. Respon siswa terhadap bahan ajar yaitu sebesar 91% dengan kriteria sangat baik. Persentase keseluruhan hasil belajar siswa setelah pembelajaran menggunakan bahan ajar berbasis model Group Investigation yaitu sebesar 65,19% dengan kriteria sedang. Hasil belajar siswa secara klasikal yaitu sebesar 85,71% siswa mencapai nilai KKM ≥ 65 dan sebesar 14,29% siswa tidak mencapai KKM. Dapat disimpulkan bahwa bahan ajar berbasis model GI pada materi sistem pernapasan yaitu efektif dapat diterima siswa dan layak digunakan sebagai sumber belajar bagi siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar; Group Investigation; Sistem Pernapasan;
Subjects: Education
Education > Research and Statistical Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: RUSDI RUSDIANSYAH
Date Deposited: 27 Nov 2018 02:03
Last Modified: 27 Nov 2018 02:03
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/16951

Actions (login required)

View Item View Item