Analisis teori Dehumanisasi Pendidikan Paulo Freire

Abdillah, Rijal (2018) Analisis teori Dehumanisasi Pendidikan Paulo Freire. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (323kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (473kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (695kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (474kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (615kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (395kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (539kB) | Request a copy

Abstract

Paulo Freire adalah seorang tokoh dari Brazil yang memperjuangkan pendidikan demi sebuah harapan yang menurut orang lain utopis, Karena tidak kuasa melihat peradaban saat itu di negerinya, dimana banyak masyarakat yang buta huruf dan berakibat buta terhadap realitas juga, yang menjadikan mereka sebagai kaum tertindas. Pendidikan adalah hal yang sangat penting dalam kehidupan manusia terutama untuk mengenal eksistensinya. Pendidikan humanis adalah yang diperlukan masyarakat saat itu, pendidikan yang menempatkan manusia sebagai salah satu objek terpenting dalam pendidikan. Pendidikan yang digagas oleh Paulo Freire adalah sebuah pendidikan yang membebaskan, karena saat kita mengharapkan pendidikan yang humanis, itu artinya kita sedang berjuang melawan pendidikan yang dehumanis yaitu pendidikan yang menjadikan guru sebagai pemeran utama dan murid harus menerima apapun yang disampaikan oleh gurunya, siswa tidak diberikan ruang gerak yang bebas sehingga yang dicetak bukanlah siswa yang kritis, namun siswa yang seperti robot. Paulo Freire menyebut pendidikan seperti ini sebagai “pendidikan sistem bank”, dimana guru sebagai nasabah yang akan mengisi, dan siswa adalah rekening kosong yang siap di isi. Skripsi ini memiliki tujuan untuk mengetahui seperti apa yang dimaksud dehumanisasi pendidikan menurut Paulo Freire, serta berusaha menganalisisnya menggunakan perspektif filsafat. Selanjutnya penulis memilih jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah library reserch atau penelitian kepustakaan, metode yang digunakan dalam analisis ini adalah kualitatif, dengan cara menganalisis isi (content analysis). Sumber data yang diperoleh dari data primer (pokok) yaitu buku-buku tulisan Paulo Freire yang di terjemahkan kedalam bahasa Indonesia, dan data sekunder (penunjang dan pendukung data primer) yaitu data yeng berkaitan dengan Paulo Freire atau tentang pendidikan, filsafat, dan lainnya. Analisis yang dilakukan oleh penulis membuahkan hasil bahwa dehumanisasi pendidikan yang dimaksudkan oleh Paulo Freire adalah pendidikan yang malah menjauhkan manusia dari eksistensinya sebagai manusia yang harusnya berpikir bebas dan kritis, bukan malah menjadi kaum tertindas yang terus menerus dimanfaatkan oleh para penindas, yang oleh Paulo Freire disebut dengan pendidikan “gaya bank”, namun Freire memberikan alternatif dengan pendidikan hadap/berbasis masalah. Dapat disimpulkan pendidikan dehumanisasi yang Paulo Freire maksud adalah pendidikan yang menjauhkan manusia dari fitrahnya, secara Real pula pendidikan yang digagas oleh Freire memiliki dasar yang sangat mengakar dengan bantuan dari pemikirannya yang berlandaskan filosofis, sehingga sistematis, terukur, dan kritis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Paulo Freire; Dehumanisasi Pendidikan; Pendidikan Kritis
Subjects: Humanism Philosophy
Education > Philosophy and Theory of Education
Biography, Obituary > Education and Research of Biography
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Aqidah Filsafat
Depositing User: Rijal Abdillah
Date Deposited: 27 Nov 2018 06:59
Last Modified: 18 Apr 2019 02:58
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/16933

Actions (login required)

View Item View Item