Manajemen budaya organisasi sekolah di SMP Plus Al Aqsha Sumedang

Nurjanah, Siti (2018) Manajemen budaya organisasi sekolah di SMP Plus Al Aqsha Sumedang. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (479kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (406kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (356kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (613kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB) | Request a copy

Abstract

Budaya organisasi merupakan seperangkat system nilai, keyakinan dan asumsi-asumsi yang diikuti dan disepakati oleh warga organisasi sebagai pedoman dalam berprilaku dan pemecahan masalah-masalah organisasi, baik masalah internal maupun eksternal serta menjadi ciri khas yang membedakan suatu organisasi dengan organisasi lainnya. Penelitian ini dilatarbelakangi dari pemikiran dalam PP No 17 Tahun 2010 bahwa pendidikan dasar bertujuan untuk membangun landasan bagi berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME, berakhlak mulia, berkepribadian luhur, berilmu, , kritis, kreatif, inofatif, sehat, mandiri, percaya diri, toleran, peka sosial, demokratis dan bertanggung jawab. Usaha dalam mewujudkan tujuan tersebut salah satu dapat dilakukan dengan manajemen budaya organisasi sekolah. Apabila setiap warga sekolah memiliki asumsi-asumsi yang sama, maka pengimplementasian program dalam rangka mengembangkan potensi peserta didik akan lebih efektif dan efisien. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan manajemen budaya organisasi sekolah, mulai dari mengetahui latar alamiah, perencanaan budaya organisasi sekolah, pengorganisasian budaya organisasi sekolah, pelaksanaan budaya organisasi sekolah, pengawasan budaya organisasi sekolah, faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan budaya organisasi sekolah, dan hasil dari pelaksanaan budaya organisasi sekolah di SMP Plus Al Aqsha Sumedang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Peneliti mendeskripsikan temuan-temuan dari fenomena yang terjadi di lapangan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Sumber data utama adalah kepala sekolah sebagai key informant. Dilanjutkan dengan snow ball proses yaitu ketua yayasan, guru, dan peserta didik. Keabsahan data dilakukan dengan cara perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi, pengecekan teman sejawat melalui diskusi, kecukupan referensi, analisis kasus negatif, pengecekan anggota, uraian rinci, dan auditing. Hasil penelitian ini menunjukan adanya beberapa tahapan dalam manajemen budaya organisasi sekolah di SMP Plus Al Aqsha Sumedang. Perencanaan meliputi menentukan program, seleksi peserta didik, guru dan karyawan baru, serta sosialisasi program kepada anggota baru. Pengorganisasian meliputi penempatan orang-orang berdasarkan background pendidikannya. Pergerakan meliputi langkah-langkah pelaksanaan program, partsipasi warga sekolah, serta reward dan punishment untuk memotivasi warga sekolah dalam menjalankan tugasnya. Tahap pengawasan meliputi pengawasan yang dilakukan oleh OPPMA (Organisasi Pondok Pesantren Modern Al Aqsha), SPI (Satuan Pengawas Internal) dan ketua yayasan. Faktor pendukung hubungan antar warga sekolah, SDM yang tersedia serta lembaga formal yang terintegrasi dengan pesantren. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kebijakan pemerintah yang berubah-ubah dan miskomunikasi yang kadang terjadi dengan orang tua siswa. Untuk melihat hasil dari manajemen budaya organisasi sekolah dilihat dari pencapaian nilai akademik dan prilaku siswa yang menjadi lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: manajemen; budaya organisasi sekolah; SMP Plus Al Aqsha Sumedang;
Subjects: Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Education, Research of Language, Related Topics of Language
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: siti nurjanah
Date Deposited: 23 Nov 2018 04:48
Last Modified: 23 Nov 2018 04:48
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/16923

Actions (login required)

View Item View Item