Penggunaan metode quantum learning dengan gaya belajar VAK (Visualization, Auditory, Kinestetic) hubungannya dengan hasil belajar PAI materi haji dan umroh: penelitian pada siswa RPL X di SMK Muhammadiyah 2 Cibiru Bandung

Mubarak, Zaky (2018) Penggunaan metode quantum learning dengan gaya belajar VAK (Visualization, Auditory, Kinestetic) hubungannya dengan hasil belajar PAI materi haji dan umroh: penelitian pada siswa RPL X di SMK Muhammadiyah 2 Cibiru Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (432kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (372kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB1.pdf

Download (769kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (832kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (746kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (772kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (551kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (441kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan diperoleh informasi melalui wawancara dan observasi terhadap guru Pendidikan Agama Islam pada kelas RPL X di SMK Muhammadiyah 2 Cibiru Bandung. Diperoleh bahwa guru meyampaikan materi sudah maksimal dengan menggunakan metode Quantum Learning dengan Gaya Belajar VAK (Visualization, Auditory, Kinestetic) sesuai dengan langkah-langkahnya. Tetapi, dalam realitanya masih ditemukan beberapa permasalahan yaitu nilai siswa kelas RPL X masih kurang dari kriteria ketuntasan minimum (KKM). Hal tersebut menarik peneliti untuk melakukan penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan metode Quantum Learning dengan gaya belajar VAK (Visualization, Auditory, Kinestetic), mengetahui hasil belajar PAI materi Haji dan Umroh, serta mengetahui Penggunaan metode Quantum Learning dengan gaya belajar VAK (Visualization, Auditory, Kinestetik) Hubungannya dengan Hasil belajar PAI Materi Haji dan Umroh. Penggunaan Metode Quantum Learning dengan gaya belajar VAK (Visualization, Auditory, Kinestetic) memiliki keterkaitan dengan Hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI. Maka ada Hubungan dari proses pembelajaran dengan menggunakan metode VAK (Visualization, Auditory, Kinestetic) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI Materi Haji dan Umroh. Langkah-langkah penelitian; 1) Jenis Data, 2) Sumber Data, 3) Metode Dan Teknik Pengumpulan Data. Metode yang digunakan adalah metode korelasi dan teknik pengumpulan data yang berupa: observasi, angket, tes, dan wawancara 4) analisis data. Analisis data variabel X dan variabel Y ditempuh dengan menggunakan dua pendekatan yaitu secara parsial dan korelasi. Hasil analisis penelitian ini menunjukan bahwa 1) Penggunaan Metode Quantum Learning dengan gaya belajar VAK (Visualization, Auditory, Kinestetik) termasuk pada kualifikasi baik. Hal ini terbukti dengan rata rata 4,01 pada interval 3,40-4,19 yang termasuk baik. 2) Hasil Belajar PAI pada materi Haji dan Umroh ditunjukan dengan hasil 82 pada interval 80-100 yang termasuk sangat baik. 3) Penggunaan Metode Quantum Learning dengan gaya belajar VAK (Visualization, Auditory, Kinestetic) Hubungannya dengan Hasil Belajar PAI pada Materi Haji dan Umroh ternyata antara variabel X dan variabel Y sebesar 0,23 yaitu korelasi antara variabel X dan variabel Y rendah dengan besarnya pengaruh 6%. Sedangkan, untuk hasil hipotesis diperoleh thitung 1,26 dan ttabel 2,06. Hal ini dapat diartikan jika thitung lebih kecil daripada ttabel maka hipotesis di tolak artinya bahwa metode Quantum Learning denga Gaya belajar VAK (Visualization, Auditory, Kinestetic) hubungannya dengan hasil belajar PAI materi Haji dan Umroh belum terdapat pengaruh yang signifikan pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan materi Haji dan Umroh.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Quantum; Learning; VAK;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ZAKY MUBARAK MUBARAK
Date Deposited: 21 Nov 2018 07:18
Last Modified: 21 Nov 2018 07:18
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/16855

Actions (login required)

View Item View Item